Breaking News

Manfaatkan Limbah, Masyarakat Marioriawa Antusias Dilatih LPM UNM




Reporter : Ibnu Sultan


WATANSOPPENG, LAMELLONG.COM; -- Program Iptek bagi Wilayah (IbW) Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) bukan hanya melaksanakan Program Penerapan Jamban Keluarga Sehat (PJKS) tetapi juga memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam pembuatan kursi dari tangkai bunga enau, kata Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf, MT, Minggu, 17 September 2017 di Awakkaluku Dusun Welonge Desa Laringgi Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.

Apalagi, lanjut Wakil Dekan (WD) 3 (Bidang Kemahasiswaan) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) ini, diketahui, kalau di wilayah Kecamatan Marioriawa ditemukan banyak pohon enau. Setelah diambil nira (tuaknya), tangkai bunga enau tersebut langsung dibuang begitu saja di sekitar pohon enau tersebut.

Sehingga tangkai bunga enau tersebut dimanfaatkan untuk dijadikan kursi berbagai model yang lebih up to date.

Hal tersebut dikatakan Penanggung Jawab Pelaksanaan Program IbW LPM UNM di Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf, MT.


Masyarakat kelurahan / desa dalam wilayah Kecamatan Marioriawa terlihat antusias berpartisipasi mengikuti pelatihan ini.

Salah satu desa yang dipantau Lamellong.com, di Desa Laringgi. Di bawah rumah Alimuddin di Kampung Awakkaluku Dusun Welonge, warga setempat tampak serius mengikuti petunjuk pelatihnya dari LPM UNM baik teori maupun prakteknya. Apalagi hasilnya langsung dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga.

Bukan hanya itu, ibu-ibu juga terlihat serius mengikuti pelatihan pembuatan kue dengan berbagai rasa.

Kades Laringgi Yunus M Noor kembali menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Rektor UNM Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP atas gagasan ini yang bisa langsung dinikmati hasilnya oleh warga masyarakat di desanya bahkan lebih dari pada itu, pihak LPM UNM juga memperhatikan peningkatan SDM dan pemanfaatan SDA yang ada di desa.



Tidak ada komentar