Breaking News

Website Disnak Bone Masuk Nominasi 10 Besar Tingkat Nasional

Kantor Dinas Peternakan Kabupaten Bone, Alamat : Jl. H. Moh. Thamrin No. 4, Watampone Kelurahan Jeppee Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone Sulawesi Selatan Kode Pos 92712



JAKARTA, LAMELLONG.COM; -- Kementerian Pertanian Pusat menggelar Lomba Website Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2017 baru - baru ini. Lomba tersebut diikuti SKPD terkait provinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Dalam lomba itu, pihak penyelenggara menetapkan, Website Dinas Peternakan Bone sebagai satu - satunya SKPD dari Sulawesi Selatan masuk nominasi 10 Besar dengan situs :
http://disnak.bone.go.id

Tujuan Lomba website SKPD di lingkungan Kementerian Pertanian ini sebagai wujud komitmen terhadap pelayanan prima dalam hal penyediaan dan penyebarluasan data dan informasi kepada seluruh pengguna.

Seperti yang termuat pada situs Kementerian Pertanian http://www.pertanian.go.id/lombaweb/, merilis daftar website yang masuk 10 nominator.

Adapun Nominator itu, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Pelalawan, (Prov. Riau): http://distan.pelalawankab.go.id/, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, (Prov Jambi) : http://bkp.tanjabtimkab.go.id/, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Dinas PPKP) Kabupaten Purworejo, (Prov Jateng) : http://dppkp.purworejokab.go.id/, Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, (Prov Jateng) http://dinpertan.grobogan.go.id/, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan, (Prov Jateng) : http://disnakkan.grobogan.go.id/, Dinas Pertanian Jombang, Prov Jatim http://pertanian.jombangkab.go.id/, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, (Prov Banten) : http://distanak.pandeglangkab.go.id/, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, (Prov Bali) : https://perikanan.denpasarkota.go.id/, Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, (Prov Bali) : https://distan.bulelengkab.go.id/ dan Dinas Peternakan Kabupaten Bone, (Prov Sulsel) : http://disnak.bone.go.id
Catatan :  Daftar urut di atas tidak berdasarkan peringkat

Kriteria Penilaian

a. Kriteria Penilaian Awal (hanya untuk kategori peserta SKPD provinsi dan kabupaten/kota lingkup pertanian dan UPT Pusat lingkup Kementerian pertanian).

1. Identitas Situs Web
2. Isi Situs Web
3. Fitur Situs Web
4. Layanan Publik

b. Kriteria Penilaian Prakualifikasi (untuk kategori peserta Eselon I lingkup Kementerian Pertanian dan SKPD lingkup pertanian provinsi, SKPD lingkup pertanian kabupaten/kota dan UPT Pusat lingkup Kementerian Pertanian yang lolos penilaian awal).

1. Kualitas Isi Situs Web
2. Kualitas Fitur Situs Web
3. Respon Layanan Interaksi Untuk Publik
4. Kinerja Situs Web
5. Inovasi Aplikasi Situs Web

c. Kriteria penilaian oleh tim juri melalui wawancara (interview).

1. Kelembagaan
2. Kebijakan
3. Infrastruktur
4. Dampak
5. Layanan Unggulan

Wawancara akan diikuti oleh 5 besar dari masing-masing kategori berdasarkan hasil penilaian tim prakualifikasi untuk menentukan peringkat 1, 2 dan 3.

Tujuan dari penyelenggaraan lomba adalah :
1. Memotivasi semua Eselon I lingkup Kementerian Pertanian, semua SKPD lingkup pertanian provinsi dan semua SKPD lingkup pertanian kabupaten/kota untuk mengoordinasikan pengisian dan peremajaan data dan informasi yang ditampilkan.
2. Mendukung percepatan pelaksanaan e-Government.
3. Menyediakan pelayanan bagi masyarakat yang komunikatif, interaktif, informatif dan transaksional

Adapun sasarannya adalah :
1. Termotivasinya instansi pusat dan daerah untuk mengembangkan situs webnya;
2. Terpelihara dan diperbaharuinya data dan informasi pertanian pada situs web pusat dan daerah.

Terkait keberhasilan Website Dinas Peternakan Kabupaten Bone yang mampu menyejajarkan diri dalam Nominasi 10 Besar Nasional Tahun 2017, Kadis Peternakan Kabupaten Bone dr. H. Aris Handono menyatakan rasa berbangga dan mengucapkan rasa syukur.

“Ini prestasi Pemerintah Kabupaten Bone memamfaatkan IT sebagai media informasi, dan tak lupa menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone yang selama ini memberikan dukungan teknis tentang pengelolaan website,” ungkap Kadsinak Kabupaten Bone dr. H. Aris Handono baru-baru ini di Watampone.

Untuk diketahui selain Dinas Peternakan Kabupaten Bone, Website Badan Penanggulan Bencana Daerah Kabupaten Bone, www.bpbd.bone.go.id juga sudah dua tahun memperoleh Juara Nasional berturut-turut, yaitu; tahun 2015 dan 2016 dengan meraih Piala Tangguh Award

Sejak Kabupaten Bone dinakhodai Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si bersama Drs. H. Ambo Dalle telah menorehkan beberapa prestasi nasional di antaranya pembangunan bidang Teknologi Informasi, pemamfaatan website sebagai media penyebaran informasi  dan hasil-hasil pembangunan lainnya kepada masyarakat. (hyt/usa)




Tidak ada komentar