Breaking News

Andi Fahsar Padjalangi: Aku Bangga Punya Batik Lamakkawa



WATAMPONE, LAMELLONG.COM; -- Bupati Bone Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si, hari itu, Senin, 2 Oktober 2017, terlihat jauh lebih gagah dengan mengenakan pakaian batik. Memang bukan batik biasa, tetapi batik khas Bone bermotif Lamakkawa. Apalagi momentum Hari Batik Nasional perlu diaplikasikan yang jatuh pada 2 Oktober untuk kemajuan daerah, kemajuan Bone, sebutnya.

Sebagai warga Bone yang menghargai produksi daerahnya, bangga atas hasil karya sesama warga  Bone, Andi Fahsar yang Bupati ini pun mengungkapkan kalau dirinya bangga dengan Batik Lamakkawa,  ”aku bangga punya batik Lamakkawa,“ ungkapnya dengan penuh rasa bangga.

Informasi dihimpun menyebutkan, motif batik khas Bone itu diambil dari motif senjata pusaka Kerajaan Bone, Lamakkawa. Ini tentu tidak salah jika Batik Khas Bone ini dikenal dengan Batik Lamakkawa.

Lamakkawa merupakan senjata pusaka Raja Bone ke-15 Arung Palakka yang sudah ada sejak 400 tahun yang lalu mempunyai motif yang sangat unik dan indah.

Bupati Bone mengaku senang karena melihat, ternyata masing-masing daerah kini telah berpacu mengembangkan corak batik khas daerah mereka.

“Karena banyaknya acara formal yang pakai batik, lebih baik kita buat batik motif khas daerah lokal Bone sendiri, ya ini Batik Lamakkawa” kata Bupati.

”Keindahan Batik mampu memperkenalkan Indonesia pada dunia. Mari kita jaga selalu warisan budaya Nusantara,“ ajaknya.

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan Nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Budaya. HBN ditetapkan pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Pemilihan Hari Batik Nasional (HBN) pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

BATIK telah mendapat pengakuan internasional sebagai budaya asli Indonesia. Ada berbagai macam jenis batik yang tersebar di Nusantara. Batik merupakan seni lukis menggunakan kain bergambar yang memiliki pola dan cara pembuatan khusus dengan menuliskan atau menempelkan zat malam/lilin pada kain tersebut, yang dilanjutkan dengan pengolahan dengan cara tertentu yang khas.

Beberapa jenis batik yang terkena,l di antaranya; Batik Lamakkawa dari Kabupaten Bone Sulsel, Batik Sekar Jagad dari Yogyakarta, Batik Sidomukti dari Kabupaten Magetan Jawa Timur, Batik Jepara Jateng, Batik Solo Jateng, dan lain - lain. (usa)




Tidak ada komentar