Breaking News

Mahasiswa UNM Dirikan Taman Baca di Pulau Jampea



Reporter : Ibnu Sultan


SELAYAR, LAMELLONG.COM; -- Utusan Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman yang tergabung dalam Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Negeri Makassar (UNM) mendirikan Taman Baca di Desa Kembang Ragi, Pulau Jampea, Kecamatan Pasimasunggu Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Tim ENJ UNM. Hal itu dijelaskan salah satu peserta, Ramli.

"Dalam kesempatan ini salah satu program kerja dari tim ENJ UNM 2017 adalah pengadaan Taman Baca. Hal tersebut mendapat respon baik dari pihak pemerintah setempat, tokoh, guru dan masyarakat sekitar," kata mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan ini.

Dikatakan, ini merupakan taman baca pertama yang didirikan di Pulau Jampea. Keterbatasan minat baca yang rendah membuat tim ENJ UNM lebih bersemangat untuk mempercepat pembangunan taman baca tersebut agar ada ransangan stimulus untuk menggairahkan minat baca para peserta didik dan masyarakat setempat.

"Ini membuat kami lebih bersemangat melihat antusias adik-adik dan masyarakat setempat. Dan semoga Taman Baca Jampea ini bermanfaat untuk kemajuan minat baca di daerah tersebut," ungkap Ramli.

Delegasi ENJ UNM lainnya, Muhammad Rizky, dengan didirikannya taman baca ini diharapkan mampu meningkatkan minat baca warga setempat.

"Agar meningkatnya budaya literasi dan mencerdaskan para generasi penerus bangsa di pulau Jampea," kata mahasiswa Fakultas Psikologi.

Rizky juga menambahkan, Taman Baca ini mendapat bantuan dari berbagai pihak yang telah menyumbangkan buku-buku untuk warga Jampea.

"Kami juga berterima kasih kepada seluruh mahasiswa UNM yang telah menyumbangkan bukunya serta pihak UPT Perpustakaan UNM yang menyumbangkan 250 eksamplar buku," tambahnya.

Kepala UPT Perpustakaan UNM, Oslan Jumadi menyampaikan harapannya dengan buku-buku untuk taman baca Jampea mampu membantu menigkatkan minat baca warga di Pulau Jampea.

"Semoga bermanfaat untuk meningkatkan minat baca warga setempat," kata Guru Besar Biologi ini.

Untuk mematangkan konsep Taman Baca Jampea ini serta membangun struktural telah terlaksananya rapat koordinasi antara delegasi ENJ UNM 2017 dan guru-guru serta masyarakat di Balai Desa Kembang Ragi yang telah terselenggara tepatnya pada 20 September 2017.

Dalam pembangunan taman baca ini, telah dilakukan rapat persiapan dengan masyarakat setempat untuk menentukan pengurus taman baca.

"Besar harapan taman baca ini kedepannya bukan hanya nama, tempat, dan media saja tapi taman baca ini bisa menjadi wadah yang sangat besar untuk dapat menimbah ilmu yang sangat luas. Dan juga mencatatkan sejarah taman baca pertama di Jampea, serta semoga harapan dapat terjuwud untuk progres 1000 buku untuk taman baca Jampea ini," ungkap Marsuki, S.PdI yang berprofesi sebagai guru SMK N 4 selayar dan juga Wakasek Kesiswaan.



Tidak ada komentar