Breaking News

UNM Tuan Rumah Pertemuan Pramuka se-Indonesia

Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, MT selaku Ketua Mabigus Gerakan Pramuka Berpangkalan di UNM


Citizen Reporter

Laporan : Burhanuddin

Kepala Humas UNM Melaporkan dari Makassar


MAKASSAR, LAMELLONG.COM; -- Sebanyak 127 peserta dari 38 perguruan tinggi seluruh Indonesia mengikuti Latihan Gabungan Nasional (Latgabnas) di Universitas Negeri Makassar (UNM).

Latgabnas ini merupakan ajang pertemuan antara pramuka se-Indonesia yang berpangkalan di perguruan tinggi dan akan dilaksanakan selama 7 hari, tanggal 1 hingga 7 Oktober 2017.


Perhelatan akbar Gerakan Pramuka yang bertemakan "Dari Pramuka untuk Masa Depan" ini, diawali dengan prosesi buka adat Racana Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risaju, dilanjutkan dengan buka adat Bhinneka Tunggal Ika.

Wardiman, S.Pd dalam laporannya menuturkan beberapa item kegiatan selama Latihan Gabungan Nasional IX ini berlangsung, di antaranya giat wawasan, giat rescue, giat umum, dan giat wisata.


Sementara itu, dalam sambutannya ketika membuka kegiatan ini Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, M.TP yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka Mabigus) Pangkalan UNM mengatakan, Gerakan Pramuka merupakan pendidikan nonformal yang telah ditanamkan sejak pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Di UNM sendiri, Gerakan Pramuka Gugus Depan melakukan kemah lomba pramuka penegak, selain itu pramuka pangkalan UNM juga memiliki desa binaan tempat dilakukannya kegiatan kepramukaan dengan mengajak masyarakat setempat menjadi bagian penting dari sebuah Gerakan Pramuka.


"Kegiatan yang kita lakukan secara berkala juga oleh gugus depan ialah bakti sosial, tidak hanya itu, pramuka juga selalu kita libatkan pada acara-acara universitas", lanjutnya.

Ia berharap seluruh peserta bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara maksimal.

Turut hadir pada pembukaan Latgabnas ini Wakil Kwartir Nasional (Kwarnas) Bidang Bina Dewasa Dr. Susiawati, Wakil Kwartir Daerah (Kwarda), Ka. Pusat Pendidikan dan Latihan Nasional (Pusdiklatnas), Ketua Dewan Kerja Nasional (DKN), seluruh Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Pangkalan UNM.



Tidak ada komentar