Breaking News

Buka Sosialisasi Inovasi Daerah, Bupati Soppeng Sebut Kehadiran Pemerintah untuk Melayani



WATANSOPPENG, LAMELLONG.COM; -- Sosialisasi Inovasi Daerah Pemerintah Kabupaten Soppeng digelar  di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng Jl. Salotungo Watansoppeng Kelurahan Lalabata Rilau Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan, Senin, 27 November 2017.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Bupati Soppeng diwakili Plt. Sekda Nur Alam, SH, MH.

Bupati Soppeng dalam sambutan tertulisnya dibacakan oleh Plt. Sekda, menilai acara tersebut sangat penting karena menurut Bupati, sosialisasi ini terkait dengan Inovasi Daerah sebagai salah satu penjabaran atau tindak lanjut pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Soppeng Nomor 1 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Soppeng sebagaimana yang tertuang dalam Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng Tahun 2016-2021 yaitu  ”Pemerintahan yang Melayani dan Lebih Baik."

Makna yang terkandung dalam Visi tersebut, kata Plt Sekda Soppeng membacakan sambutan Bupati, adalah, dalam waktu lima tahun ke depan, dan kehadiran pemerintah akan semakin signifikan dalam melayani rakyatnya, sehingga hakekatnya kehadiran pemerintahan adalah untuk melayani, bukan untuk dilayani, karenanya, bagi Bupati, untuk mewujudkan Visi tersebut, salah satu misinya adalah  menjadikan Kabupaten soppeng yang lebih baik dalam pelayanan publik melalui program peningkatan kualitas pelayanan publik dengan menciptakan inovasi-inovasi pelayanan publik atau inovasi tata kelola pemerintahan daerah serta inovasi daerah lainnya.

Dikatakan, ”dengan dasar  pertimbangan tersebut,  maka melalui kegiatan sosialisasi ini tentunya dapat menambah pengetahuan, pengalaman serta pemahaman yang terkait dengan inovasi yang akan diuraikan oleh Narasumber nantinya, begitupula dengan sosialisasi inovasi daerah ini betul-betul dapat menggambarkan model-model pelayanan publik yang inovatif baik dari sisi unit pelayanan maupun dari sisi kepemimpinan yang kreatifitas yang dapat mewujudkan modifikasi pelayanan yang dapat dirasakan oleh masyarakat apalagi dalam kondisi saat sekarang ini, peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan muara atau  outcome dari   pelaksanaan reformasi   birokrasi, ungkap Nur Alam dalam membacakan sambutan Bupati.

“kami berharap kepada Kepala Dinas/Badan bersama pejabatnya, Camat, Kepala Desa dan
Lurah agar betul-betul dapat mengikuti sosialisasi ini dengan penuh perhatian, sehingga nantinya dapat menjadi suatu komitmen bersama yang disertai perubahan pola pikir dan keinginan yang kuat  serta konsisten untuk melakukan perbaikan secara terus menerus dalam rangka peningkatan pelayanan publik di lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng, dengan membangun dan mengembangkan satu Inovasi Daerah di unit kerjanya masing-masing harap Bupati.

Kasubag Tata Laksana Bagian Organisasi Setda
Herlina Haddis, S.Sos selakau Ketua Panitia,  menyampaikan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini, untuk memberikan gambaran yang sama terkait dengan inovasi daerah, sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, terutama bentuk-bentuk inovasi yang meliputi inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik dan atau inovasi daerah lainnya.

Dikatakan, sosialisasi inovasi daerah ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan , pemahaman dan persamaaan persepsi kepada seluruh penyelenggara Pemerintah Daerah tentang proses kreatifitas penciptaan pengetahuan dalam melakukan penemuan baru yang berbeda atau modifikasi dari yang sudah ada yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat.

Turut hadir para Asisten Setda Soppeng, Kepala Pusat Inovasi Kelembagaan dan Sumber Daya Aparatur LAN RI, Dr. Muhammad Aswad, M.Si sebagai Nara Sumber Sosialisasi  Inovasi Pelayanan Daerah, Para Kepala Dinas/Badan bersama Pejabat Eselon Tiganya Lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng, Para Kepala Bagian bersama Kasubag Lingkup Setda Kabupaten Soppeng, Para Camat bersama Kepala Desa dan Lurah Lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng. (amiruddin baringeng)




Tidak ada komentar