Breaking News

Pembagian Dapil 2019, KPU Kab. Soppeng Gelar Rapat Konsultasi



WATANSOPPENG, LAMELLONG.COM; -- Tak terasa, Pemilu 2019, untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten / kota tak lama lagi. Tahapan Pemilu 2019 ini pun sudah dimulai.

Kini KPU Kabupaten Soppeng menggelar Rapat Konsultasi dengan Stakeholder dalam rangka Penyusunan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Soppeng pada Pemilu 2019.

Rapat Konsultasi ini digelar di Aula Hotel Kayangan Jl. Kayangan Watansoppeng, Senin, 27 Desember 2017.

Rapat tersebut dihadiri, unsur Forkopimda, Kapolres Soppeng diwakili, Kaur Bin Ops Sat Intelkam Ipda Tajuddin  tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, Pimpinan Parpol, utusan Badan Kesbangpol, Kabag Pemerintahan Setda Soppeng, LSM, wartawan, komisioner KPU Soppeng, Ketua Panwas Soppeng Winardi, Sekretaris KPU Soppeng Drs. Mansyur bersama jajarannya, hadir juga pengamanan dari Sat Intelkam Polres Soppeng, Brigpol Ahmad Adil, SH.

Ketua KPU Soppeng Amrayadi, SH dalam pengarahannya saat pembukaan acara itu, mengatakan, dengan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu ditindaklanjuti dengan Peraturan KPU No. 7 Tahun 2017 tentang Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu, rupanya, kata Amrayadi, wacana perlunya jumlah kursi DPRD Kabupaten Soppeng dari 30 menjadi 35 harus kandas karena berbenturan dengan regulasi pemilu.

Menurur Amrayadi, dalam regulasi pemilu untuk pemilu 2019 ini, dengan jumlah penduduk 200 ribu sampai dengan 300 ribu jiwa dalam suatu Kabupaten/kota maka jumlah kursinya sebanyak 30, tandas Amrayadi.

Dijelaskan, berubahnya payung hukum penyelenggaraan dan pelaksanaan pemilu untuk pemilu 2019 beberapa item dalam aturan itu mengalami perubahan, salah satunya adalah pembagian dapil dan alokasi kursi. Dalam UU tentang Pemilu yang baru ini, lanjut Amrayadi, Dapil untuk anggota DPR Pusat dan DPRD Provinsi telah terlampir dalam regulasi pemilu tersebut.

Sementara, tambah Amrayadi, Dapil untuk anggota DPRD kabupaten/kota belum tercantum dan memiliki mekanisme tersendiri dalam menetapkannya.

Sebagai implementasi atas pembagian Dapil ini, hari ini, pembagian dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Soppeng, KPU Kabupaten Soppeng menggelar Rapat Konsultasi dengan melibatkan berbagai pihak sebagai awal proses dalam penyusunan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Soppeng.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pembahasan materi dipandu moderator Murtina, S.Pt menampilkan pemateri Asniati Muin, S.IP Komisioner KPU Soppeng.

Beberapa masukan soal dapil ini, yang disampaikan peserta, selain mengharapkan tetap mempertahankan jumlah dapil sebagaimana pemilu sebelumnya, sebaaliknya terdapat juga keinginan agar dapil bertambah dari 4 menjadi 5 atau meski tetap 4 dapl tetapi kecamatan yang berada dalam dapil itu perlu direvisi sehingga kriteria sebagaimana dimaksud dalam regulasi pemilu itu dapat terpenuhi.

Dijelaskan juga oleh Ketua KPU Amrayadi, rapat konsultasi ini untuk mendapatkan masukan selanjutnya secara hirarki akan diteruskan dan kembali KPU Soppeng mengundang berbagai pihak selanjutnya untuk dilakukan uji publik sehingga diperoleh penyusunan dan penataan dapil yang berkualitas. (usa)



Tidak ada komentar