Breaking News

Pemkab Bantu 190 KK Jamban Keluarga di Kelurahan Tettikenrarae



Reporter : Sanusi Muda

WATANSOPPENG, LAMELLONG.COM; -- Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak. SE memang meluncurkan program Soppemg Bebas Ancaman Tinja ( sobat), agar warga bisa hidup sehat dan bebas dari berbagai penyakit hanya karena tinja tersebar di kebun atau di tempat lain bisa terinjak oleh warga sendiri, ujar Bupati Soppeng ini dalam suatu kesempatan.

Menindaklanjuti Gerakan SOBAT yang tengah digalakkan  Pemkab Soppeng ini, salah satu yang dilakukan adalah dengan mempasilitasi warga memenuhi kebutuhan jamban keluarga.

Di Kelurahan Tettikenrarae Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, misalnya, sebanyak 190 KK menerima bantuan jamban keluarga dari Pemerintah Kabupaten Soppeng Tahun Anggaran 2017.

Pemberian bantuan Pemkab tersebut dilakukan melalui Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM)  diketuai oleh A. Akhirul, menjelaskan, bantuan jamban ini dengan dana Rp. 490 juta, satu keluarga harus dilakukan penggalian lubang tinja sebanyak tiga lubang dengan kedalaman 1,5 m.

Selain lubang, jelas Akhirul, wargapun diberi semen dan kloset.
Hanya saja, jelasnya, untuk dinding dan atap wc, mereka yang mengusahakan.

"Bantuan jamban keluarga ini merupakan salah satu upaya pemerintah setempat guna membebaskan warga dari ancaman tinja bisa menimbulkan berbagai ancaman penyakit di lingkungan masyarakat itu sendiri," ujar Ketua KSM di Kelurahan tersebut A. Akhirul, baru-baru ini di Takkalala Kelurahan Tettikenrarae.



Tidak ada komentar