Breaking News

Wabup Soppeng Supriansa Sambut Tim Penilai P2K3 di Desa Labokong



WATANSOPPENG, LAMELLONG.COM; --  Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH menyambut Tim Penilai Peningkatan Peran Keluarga menuju Ketahanan dan Kesejahteraan (P2K3) di Desa Labokong Kecamatan Donri-donri Kabupaten Soppeng, Selasa, 28 November 2017.

Rombongan ini dipimpin oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan Dra. Hj. A. Murlina.

Wakil Bupati Soppeng, Supriansa tak lupa menyampaikan, dengan kegiatan ini Pemerintah Kabupaten Soppeng sangat mengapresiasi program dan pembinaan ini, dimana dalam menunjang pelaksanaan program pembinaan tersebut,telah dilakukan dengan melibatkan seluruh SKPD, TP PKK dan sektor terkait, mengingat, program ini dilakukan dalam upaya mencapai keluarga yang berkualitas, tahan dan sejahtera sehingga berdampak kepada peningkatan kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Soppeng secara umum.

Ketua TP. PKK Desa Labokong Sumarni A.Mattalatta, SE, selaku Ketua Panitia, dalam laporannya menyampaikan dalam rangka pelaksanaan Pembinaan Peningkatan Peran Keluarga Menuju Ketahanan dan Kesejahteraan, yang bertujuan;

1. Untuk memberikan pemahaman tentang peranan keluarga kepada masyarakat, khususnya ibu rumah tangga agar turut berpatisipasi aktif dalam mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga;

2. Untuk meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dari keluarga kurang tahan atau cukup tahan menjadi keluarga tahan melalui pembinaan yang terpadu dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh SKPD, TP. PKK dan unsur terkait lainnya.

Sumarni menyampaikan kalau Lokasi Binaan P2K3 adalah Desa Labokong Kecamatan Donri-donri yang dikhususkan pada 100 rumah tangga keluarga prasejahtera yang tersebar pada 3 (tiga) dusun yaitu; Dusun Kabaro, Allangkiang dan Assorajang.

Dikatakan, dari pendataan awal yang dilakukan terhadap100 Rumah Tangga dengan metode wawancara berdasarkan 24 indikator ketahanan keluarga sesuai Pedoman Pengumpulan, Pengolahan dan Analisis Data Ketahanan Keluarga di Tingkat Desa.

Dalam beberapa bulan ini telah dilakukan pembinaan oleh Tim Penggerak PKK, SKPD se Kabupaten Soppeng dan pihak terkait sehingga diharapkan menjadi Keluarga yang sehat, tahan dan sejahtera.

Dilaporkan pula, Pembinaan yang dilakukan terhadap rumah tangga dengan kategori kurang tahan dan cukup tahan tersebut adalah;

1. Pembinaan Non Fisik yaitu melakukan Sosialisasi tentang Pencegahan Tindak Kekerasan dan Konvensi Hak Anak, Peningkatan Gizi Keluarga Mewujudkan Keluarga Sejahtera, Keselamatan Ibu dan Anak, Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Produktif serta Pembinaan UKM yang dilaksanakan bersama TP. PKK Kabupaten Soppeng, IBI, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Koperindag dan UKM serta unit kerja terkait.

Sosialisasi tentang Keadilan dan Kesetaraan Gender; serta pemahaman tentang peranan gender dalam rumah tangga, Menginventarisir kebutuhan masyarakat sesuai hasil pendataan dan mengkoordinasikan dengan instansi terkait terhadap tindaklanjut penyelesaiannya dalam upaya melengkapi pemenuhan kebutuhan keluarga seperti;

Pengurusan Kartu BPUS, perolehan Akte Kelahiran, Surat Nikah dan sertifikat tanah.

2. Pembinaan Fisik dilakukan melalui Penataan Rumah dan halaman, temasuk kebersihan lingkungannya; Pengecatan Rumah dan pagar; Pembuatan dan pembenahan Jamban Keluarga dan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL).

"Pembinaan yang dilakukan dapat terlaksana atas perhatian dan dukungan Pemerintah Kabupaten Soppeng, TP. PKK Kabupaten Soppeng dan seluruh SKPD pada Pemkab Soppeng serta pihak terkait lainnya dalam upaya mewujudkan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga pada masyarakat desa.

Atas nama Ketua Panitia, mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas perhatian, partisipasi dan bantuan semua pihak, khususnya kepada Bapak Bupati dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Soppeng serta para Kepala SKPD se Kabupaten Soppeng" kata Sumarni

Ketua panitia ini juga berharap, agar Pembinaan lebih lanjut dari Ibu Ketua Tim Penilai bersama Rombongan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat, tahan dan sejahtera.

Turut hadir Ketua dan anggota  DPRD Kabupaten Soppeng, para Anggota Forkopimda Kabupaten Soppeng, Plt. Sekda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Soppeng bersama anggota, Para Kepala SKPD, para camat, Para Kepala Desa se Kec. Donri-Donri. (amiruddin baringeng)


Tidak ada komentar