Breaking News

Rektor UNM Buka Workshop Penulisan Artikel Ilmiah




MAKASSAR, LAMELLONG.COM; -- Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Husain Syam membuka
Langsung Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) UNM, di Lantai 11 Gedung Phinisi UNM, Senin (4/11/2017).

Prof. Husain mengatakan penulisan artikel dan jurnal itu sangat penting, kegiatan workshop kepenulisan artikel dan jurnal perlu dilakukan secara rutin.

"Kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara rutin, bahkan nanti akan disisipkan anggaran-anggaran untuk kegiatan seperti ini dengan tujuan meningkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat dapat tercapai," imbuhnya.

Penulisan artikel ataupun karya ilmiah tidak akan berguna di kalangan masyarakat tanpa ada pengabdian, untuk itu, kata Husain Syam, penelitian dan penulisan artikel harus disertai dengan pengabdian masyarakat, karena penelitian ini dapat memberikan manfaat ketika dapat di implementasikan kepada masyarakat.

"Harusnya penelitian itu harus diikuti dengan pengabdian masyarakat bahkan di era saat ini dapat disentuhkan dengan teknologi, supaya orang dapat melakukan apa yang kita sampaikan," tandasnya.

Dikatakan, mulai tahun 2018 akan dibuatkan regulasi baru terkait dengan prosedur pembiayaan dalam proses penelitian.

"Kami akan buatkan, pendanaan dan penelitian ini tidak mengikludkan dalam penulisan jurnal sehingga dapat mengairahhkan bagi teman-teman dosen, apa yang didapatkan di penelitian tidak lagi menjadi beban," tandasnya.

Ditambahkan, yang menjadi permaslahan terkadang, ada yang minder dalam menulis dan mempublikasikan artikel maupun jurnal, untuk itu perlu keberanian menulis artikel maupun jurnal dalam rangka meningkatkan kepenulisan artikel dan jurnal, khususnya di UNM.

"Jangan selalu minder apa pun, kita harus maju dalam kepenulisan dan publikasi artikel, tidak usah ragu, penelitian itu harus dihilirisasi artinya bisa bernilai ekonomi," tutupnya.

Demikian, dari Lantai 11 Gedung Phinisi Unibersitas Negeri Malassar, Senin 4 Desember 2017, Ka Humas UNM Burhanuddin, memberitakan. (sul)


Tidak ada komentar