Breaking News

Andi Januar J. Dharwis : "Program IYL-Cakka, Pendidikan yang Berkualitas dan Berdaya Saing, Bebas Pungutan"



MAKASSAR.LAMELLONG.COM : - Bagaimana pun Sulsel merasa beruntung memiliki sosok IYL-CAKKA yg visioner. Dengan Flagship di bidang pendidikan yang juga menjadi benchmark bagi konsep pendidikan di regional dan nusantara. Landasan utama dari konsep pendidikan berkualitas ini untuk menjadikan Sulsel memiliki daya saing tinggi secara domestik dan global dengan modal sumber daya manusia berikut sumber daya alam.

Pada akhirnya IYL-CAKKA mengidentifikasi konstruksi dasar dari tujuan tersebut di atas dengan mendorong angka partisipasi sekolah melalui kebijakan membebaskan 100% pungutan sekolah di semua jenjang mulai dari SD, SMP, dan SMU. Tidak sampai di sini komitmen IYL-CAKKA pada bidang pendidikan, dalam rangka penerapan kualitas yang merata,  misi selanjutnya adalah dukungan operasional bagi seluruh sekolah di seluruh tingkatan. Merata dalam artian hadirnya seperangkat pengantar setiap mata pelajaran yang mutunya sama rata baik di perkotaan maupun di pelosok yang disajikan oleh tenaga didik profesional.

Bahkan dalam konsep ini nantinya kebijakan yang berlaku diantaranya membebaskan anak murid dari kewajiban pakaian seragam yang sama sekali tdk terhubung dgn ekspektasi kualitas selama ini. Keseluruhan konsep pada bidang pendidikan tersebut di atas akan dialokasikan anggaran sebesar 1.5 T setiap tahun yang diyakini tidak akan mengganggu akselerasi pemerintah dalam pembangunan dan pelayanan.

Masih pada segmen pendidikan, konsep IYL-CAKKA selanjutnya adalah menciptakan tenaga ahli potensi unggulan daerah sejumlah 1.250 orang melalui short course di semua perguruan tinggi ternama yang juga merupakan investasi bidang SDM. SDM2 ini nantinya yang akan diberdayakan dlm RUMAH PRODUKTIF yg selanjutnya akan disebar ke seluruh kawasan-kawasan ekonomi sesuai spesialisasi masing-masing untuk mengoptimalkan serta memenej sumber daya alam di setiap kecamatan2 pada seluruh kabupaten.

Akhirnya akan timbul pertanyaan tentang alokasi sebesar 1.5 T tersebut dari mana asalnya? tentu saja berasal dari APBD, yang sekali lagi tdk akan mengganggu alokasi anggaran pada bidang lainnya. Adalah sebuah keyakinan bahwa IYL-CAKKA mampu meningkatkan pendapatan asli daerah, akselerasi PDRB, dan sumber lainnya melalui inovasi pada bidang ekonomi yang akan saling resonansi. Sumber anggaran ini juga tentu berasal dari kolaborasi antara pemerintah pusat, propinsi,serta kabupaten/kota di mana kewenangan SD dan SMP berada di otonomi kabupaten/kota.

Pada akhirnya IYL-CAKKA sangat jeli melihat ruang dlm menghadirkan sentuhan pemerataan di seluruh pelosok Sulawesi Selatan yakni terobosan di bidang pendidikan dan rumah produktif. Sebagaimana harapan utama sebuah rumah tangga di mana setelah sandang dan papan terpenuhi, mereka ingin anak2nya mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing.

Makassar, 23 Pebruari 2018

Andi Januar Jauri Dharwis

Tidak ada komentar