Breaking News

Kejar Swasti Saba Wistara, Ini Perintah Pjs. Bupati Bone kepada Lurahnya



WATAMPONE, LAMELLONG.COM; -- Obsesi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone raih penghargaan tertinggi sebagai kabupaten sehat. Setelah sebelumnya di tahun 2015 meraih penghargaan Swasti Saba Padapa (pemantapan), lalu di tahun 2017 meraih Swasti Saba Wiwerda (pembinaan).

Kini berbagai upaya tetap dilakukan hingga 2019 Pemkab Bone meraih penghargaan tertinggi ketegori kabupaten sehat yakni Swasti Saba Wistara (Pengembangan).

Untuk meraih target itu, salah satu upaya yang harus dilakukan, membentuk duta kebersihan di setiap kelurahan, terutama di tiga kecamatan kota (Tanete Riattang, Tanete Riattang Timur, dan Tanete Riattang Barat).

”Saya perintahkan kepada seluruh lurah, utamanya di lingkup tiga kecamatan kota agar membentuk duta kebersihan di tiap-tiap lingkungan di kelurahan masing-masing ”kata Pjs. Bupati Bone Ir. H. Andi Bakti Haruni, C.E.S, memerintah lurahnya.

Perintah ini disampaikan Pjs. Bupati Bone saat membuka rapat pemantapan Forum Koordinasi Kabupaten Sehat (FKBS) Kabupaten Bone dengan Forum Koordinasi Kecamatan Sehat (FKKS) se-Kabupaten Bone di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Bone, Senin, 12 Maret 2018.

"Dengan terbentuknya Duta Kebersihan serta terciptanya sinergitas pemerintah, masyarakat, dan stakeholder, merupakan salah satu strategi yang diyakini akan memberikan efek besar untuk meraih penghargaan tertinggi tersebut," kata Pjs. Bupati ini memotivasi aparatnya.

Selain itu, lanjut A. Bakti, kerja sama yang baik antara FKBS, FKKS dan Pokja Kelurahan/Desa dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Bone akan memberikan dampak terciptanya individu-individu sehat maupun lingkungan yang sehat.

Dikatakan, untuk meraih penghargaan maupun mempertahankannya, dibutuhkan sistem yang dibangun secara sistematis dan berkesinambungan.

”Untuk meraih prestasi, jangan bertumpu pada figur atau stimulan karena tidak akan bertahan dan membutuhkan biaya yang mahal, tapi bangunlah sistem yang berkesinambungan dan sistematis disertai komitmen yang tinggi yang pada akhirnya akan menciptakan prestasi dan mudah untuk mempertahankannya,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Pjs. Bupati Bone yang juga Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Selatan ini, kepada peserta rapat memberikan kata-kata bijak;

”Apapun peran dan fungsi kita, lakukanlah dengan sungguh-sungguh, Insya Allah maka dunia akan tersenyum bahagia melihat kita” kuncinya.

Rapat koordinasi ini dilakukan untuk memantapkan Rencana Kerja 2018-2019 FKBS dengan FKKS yang dihadiri pimpinan SKPD terkait, Camat, dan Lurah. (usa)




Tidak ada komentar