Breaking News

Rekruit Caleg, PPP Soppeng Buka Pendaftaran



Laporan : Suherman


WATANSOPPENG, LAMELLONG.COM; -- Tahapan Pemilu 2019 sedang berjalan, menjelang tahapan rekruitmen bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Soppeng Periode 2019-2024 oleh KPU Kabupaten Soppeng pada Juli tahun ini, DPC PPP Soppeng sejak Pebruari lalu telah melakukan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Soppeng untuk internal.

Kini, rekruitment Bacaleg tersebut dibuka pada 10 Maret - 30 April 2018 untuk internal dan eksternal.

Pendaftaran tersebut dilakukan di Kantor DPC PPP Kabupaten Soppeng, di Jl. Salotungo Ruko No. 2 Watansoppeng Kelurahan Lalabatariaja Kecamatan Lalabata. Atau melalui PAC PPP Kecamatan se-Kabupaten Soppeng. Dengan mengisi formulir pendaftaran, Pakta Integritas dan Kontrak Kinerja.

Diketahui, Pemilu 2019 adalah Pemilu serentak, selain Anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten /Kota, juga memilih Presiden dan Wakil Presiden untuk Periode 2019-20124.

DPC PPP Kabupaten Soppeng saat ini dipimpin oleh Ketua Andi Takdir Akbar Singke, SE dan Sekretaris Alimuddin, S.IP dengan sejumlah Pengurus Harian, Pimpinan Majelis, dan beberapa Bagian serta lembaga otonom lainnya.

Sejak lahirnya, Partai Politik yang berlambang Ka'bah ini, pada 5 Januari 1973, nama partai ini Partai Persatuan Pembangunan disingkat PPP belum pernah mengalami perubahan nama sebagaimana terdaftar di lembaga yang berkompeten di Pemerintah RI. Baik di depan maupun di belakang. Sejak awal Partai ini tetap mencantumkan nama Partai Persatuan Pembangunan bukan Persatuan Pembangunan tetapi Partai Persatuan Pembangunan. Bukan Pula Partai Persatuan saja lalu setelah orde reformasi baru ditambah dibelakangnya dengan. Pembangunan, tetapi tetap Partai Persatuan Pembangunan sejak kelahirannya hingga sekarang.

PPP lahir dari tokoh, ulama dan negarawan yang merupakan pimpinan empat Partai Islam peserta Pemilu 1971 dan seorang ketua kelompok persatuan pembangunan, semacam fraksi empat partai Islam di DPR.

Deklarator tersebut, yakni; Ketum PBNU KH. Idham Chalid, Ketum Parmusi KH. Mohammad Syafaat Mintaredja, Ketum PSII KH. Anwar Tjokroaminoto, Ketum Partai Islam Perti KH. Rusli Halil dan Ketua Kelompok Pembangunan, KH. Masykur.

Ketum DPP PPP yang pertama ialah Mohammad Syafaat Mintaredja. Ia menjabat dari 5 Januari 1973 sampai tahun 1978. Setelah mengundurkan diri, Syafaat digantikan Jailani Naro. Ia pun menjabat selama dua periode karena pada tahun 1984 saat muktamar I PPP terpilih kembali menjadi Ketum DPP.

Sekedar diketahui, sejak hasil Pemilu 1977 hingga 2014, DPC PPP Kabupaten Soppeng belum pernah absen mendudukkan kadernya di DPRD Kabupaten Soppeng.

Pemilu 2014 yang lalu, PPP mendudukkan kadernya 3 orang dari 30 kursi DPRD Kabupaten Soppeng. Selain Ketua Fraksi, Andi Takdir Akbar Singke yang Ketua DPC PPP Soppeng ini oleh rekannya sesama legislator di lembaga perwakilan rakyat itu telah mendaulatnya menjadi Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Soppeng.



Tidak ada komentar