Breaking News

Uji Publik DPHP Pilgub dan Wagub Sulsel 2018



WATANSOPPENG, LAMELLONG.COM; Tahapan Pemihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel 2018 sedang berjalan. Salah satu tahapannya adalah pendaftaran pemilih. Kini KPU Kabupaten Soppeng menggelar Uji Publik Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran (DPHP) di Hotel Grand Saota Jl. Tujuh Wali-wali Watansoppeng, Rabu, 14 Maret 2018 pada pukul 14.00 hingga selesai.

Selain 5 komisioner KPU Kabupaten Soppeng, Amrayadi (Ketua), Abd. Rasyid, Muhammad Hasbi, Marwis, dan Asniati Muin (masing-masing anggota), Ketua Panwaslu Winardi, para jajaran KPU dan Panwaslu se-Kabupaten Soppeng, para camat, lurah dan Kades se-Kabulayen Soppeng, Uji Publik ini juga dihadiri para pimpinan parpol dan sejumlah jurnalis media massa.

Ketua KPU Kabupaten Soppeng, Amrayadi didampingi oleh beberapa komisioner KPU lainnya, sesaat acara usai ia buka, menyampaikan, kalau uji publik DPHP ini berdasarkan PKPU No. 2 tahun 2017 tentang Pemutahiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dan Keputusan KPU Provinsi Sulsel No. 83/PI.03/KPT/PROV/VIII/2017.

Amrayadi tak lupa menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder termasuk masyarakat Soppeng yang selama ini kendala-kendala yang dihadapi semuanya dapat dibicarakan hingga mendapatkan solusi terbaik tanpa mengabaikan regulasi Pemihan.

Tampak dalam gambar, Samsidar (PPS Lalabatarilau-baju merah) dan Wardia (PPS Kessing-baju putih)

Selanjutnya Divisi Data Muhammad Hasbi  menjelaskan hal-ihwal DPHP Kabupaten Soppeng, baik suka maupun duka. Namun karena kegigihan para petugas dari jajaran KPU hingga ke tingkat PPK dan PPS serta KPPS, sehingga hari ini uji publik pun digelar.

Salah satu kendala yang dihadapi, belum tersedianya data yang credible yang up to date dari intitusi berkompeten, dan saat petugas mendatangi rumah calon pemilih kerap ditemukan rumah dalam keadaan kosong sehingga menjadi hambatan bagi petugas dalam memperoleh data pemilih yang akurat.

Hasbi pun tak lupa mengapresiasi panwaslu yang telah
melaksanakan tugasnya dengan baik.

Film dokumenter KPU Soppeng pun ditayangkan di sela uji publik ini menjadi perhatian menarik para peserta yang hadir.

Hingga berita ini naik tayang, uji publik ini masih dalam keadaan sedang berlangsung sehingga belum dapat diakses jumlah pemilih serta jumlah jenis kelamin dari pemilih tersebut. Reporter masih mengikuti kegiatan ini dan akan kembali melaporkan pada tayangan berikutnya. (usa)



Tidak ada komentar