Breaking News

UKM Kepramukaan UMMA Gelar Seminar Sehari


Citizen Reporter

Laporan : Ahdan Sinilele

Sekretaris LPPM UMMA Maros


MAROS, LAMELLONG.COM; -- UKM Kepramukaan Dewan Racana Pramuka Universitas Muslim Maros (UMMA) menggelar Seminar Sehari tentang Kepramukaan, Minggu (11/03/2018) di Kantor Bupati Maros.

Seminar tersebut dibuka Wakil Rektor I UMMA Bidang Akademik, Dr. H Syahrir, SE, MM.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I UMMA menyampaikan, betapa pentingnya gerakan pramuka ini untuk dijadikan sebagai ajang pengembangan diri dan karakter bagi siswa dan mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan dirinya.

Disampaikan juga, racana pramuka UMMA harus berperan aktif dalam membina adik-adik pramuka di tingkat SMA.

Pembina Racana pramuka UMMA Dr. Ahdan Sinilele, M.Si menjelaskan, pembentukan karakter dimulai dari awal dalam keluarga lalu dikembangkan di sekolah dan di organisasi, salah satu di antaranya, pramuka.

Ditambahkan, pramuka merupakan salah satu organisasi terbaik untuk membentuk dan membangun karakter sebab dalam kepramukaan para anggota ditempa dengan tiga ranah yang menjadikan para anggotanya lebih unggul dibanding yang lainnya.

Tiga ranah itu, yakni; ranah kognitif yang semua siswa dan mahasiswa sama- sama meraihnya, akan tetapi ketika masuk pada ranah afektif, maka aktivis pramuka sudah mulai mengungguli yang lain.

Sebab mereka dibina dengan sikap yang baik, sopan santun, tatakrama, saling menghormati, sikap toleran dan kerjasama yang baik, solidaritas sesama, kejujuran dan keterbukaan, tuturnya.

Jadi setiap kegiatan anak pramuka ditempa dengan karakter mulia (good character).

Pada ranah psikomotorik/keterampilan para aktivis pramuka lebih jauh mengungguli yang lainnya sebab mereka mempunyai banyak keterampilan khusus sehingga para aktivis pramuka itu lebih unggul.

Selain itu, para aktivis pramuka juga dibina dengan moral berkaitan dengan pengetahuan (moral knowing), moral berkaitan dengan komitmen atau niat yang tulus dalam melaksanakan apa yang mereka ketahui (moral feeling).

Dan moral berkaitan dengan tindakan yang baik atau keterampilan dalam bertindak (moral behavior), tegas Ahdan.

Kwarcab Kabupaten Maros, Dr. Jabaruddin juga menjelaskan keunggulan karakter para aktivis pramuka karena mereka dibina oleh orang-orang cerdas sehingga produk yang dihasilkan juga akan menjadi orang-orang cerdas.

Ketua panitia Arianto dan Ketua Gudep Putra dan Putri UMMA Sapril Ahmad serta Amelia mewakili panitia yang telah merancang kegiatan tersebut dengan tema "Pramuka dalam Pembentukan Karakter" mendapat respon positif dari para peserta dan pembina pramuka se-Kabupaten Maros.

Hadir dalam seminar, yakni; Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Maros, Dr. Jabaruddin, M.Pd, Pembina Racana Pramuka UMMA, Dr. Ahdan Sinilele, M.Si, Dekan Fakulfas Ekonomi dan Bisnis Umma, Dr. Dahlan, MM serta para undangan lainnya.

Seminar kepramukaan ini diikuti sebanyak 27 perwakilan pramuka pangkalan SMA/MA dari Kabupaten Maros dan Gowa serta Racana Pramuka dari UNM dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Seminar kepramukaan  menghadirkan pembicara dari Kwarcab, Dr. Jabaruddin, M.Pd, Akademisi dan Pembina pramuka, Dr. Ahdan Sinilele dan Prof. Dr. Ansar, M.Si serta Kapolres Maros, AKBP Yohannes Richard Ardians.


Tidak ada komentar