Breaking News

Anak Smabo-83 Pelukis Firman, Go Internasional


Bersama 2 pelukis dari luar negeri peserta seleksi lainnya, di tempat seleksi di Taipei Taiwan baru-baru ini, Firman Djamil sempat mengabadikan foto bareng 


Penulis : Ardi Bola


Seniman Internasional yang ikut berpartisipasi adalah seniman yang telah lolos seleksi dari banyak proposal dari seluruh dunia yang masuk ke meja panitia seleksi yang disebut sebagai kurator seni.

Yang lolos berpartisipasi dan telah merealisasikan karyanya adalah: Firman Djamil (Indonedia), Tsuneo Sekiguchi (Jepang), Myriam du Manoir (Perancis), Marisa Merlin (Italy), Ya-Chu Kang (Taiwan), Kuei-Chih Lee (Taiwan).

Pameran telah berlangsung sejak pembukaan 4 Mei 2018 sampai dengan tahun depan tgl. 6 Mei 2019.

ChengLong Wetlands International Environmental Art Project adalah acara seni yang dilaksanakan setiap tahun di Taiwan yang selalu dihadiri oleh seniman dari seluruh dunia melalui tahapan seleksi.

Sekadar diketahui, Firman Djamil adalah alumni SMA Negeri 156 Watampone dari Kelas III IPS5 Tahun 1983 lalu lanjut study ke salah satu Perguruan Tinggi di Makassar hingga menyelesaikan S1.

Bakat seni lukis Firman amat terlihat saat dirinya di bangku SMA. Bukan hanya sesama siswa, tetapi guru seni lukis saat itu juga mengakui kepiawaian bibit sang pelukis internasional ini.

Firman saat berada di Bone belum lama ini. (foto : dokumen penulis)

"Gurunda Pak Andi Youshand FA saat itu juga terlihat senang dengan kepiawaian Firman, boleh jadi kesenangan sang guru seni lukis ini disebabkan karena telah mendapatkan seorang pengganti dirinya yang kelak akan menjadi pelukis ternama, bahkan akan menjadi seorang Pelukis Firman yang Go Internasional," kenang ketua kelasnya ketika itu, yang juga penulis berita ini. 

Negara Taiwan atau (Republic of China), ibukotanya Taipei,
tempat diselenggarakan kegiatan itu.

Kota Taipei, juga dijuluki, The City of Azaleas. Kota ini ditetapkan berdirinya pada tahun 1709 dengan luas wilayah kota : 271 km²,

Informasi diperoleh, kalau kota itu 1.140 km² yang  dihuni  jumlah penduduk tahun 2016, sebanyak 2,7 juta jiwa, Urban : 8,5 juta jiwa.

Kepadatan penduduk : 10.000 jiwa per km². Zona Waktu: National Standard Time (UTC+8). Kode Telepon: +886 2, Suhu udara : 13 samoai dengan 34 ºC, rekor terendah/tertinggi: 0/39 ºC, dengan Curah hujan: 2.405 mm per tahun. Kota itu terletak pada titik Koordinat 25°2′LU dan 121°38′BT.

Ini salah satu lukisan Firman Djamil yang ditampilkan dalam ajang Pameran Lukisan berlevel Internasional di Taipei Taiwan

Sebagai salah satu peserta pada kontestasi di bidang seni lukis ini Firman adalah satu-satunya kontestan dari Republik Indonesia.

"Kita patut berbangga, anak Bone Sulsel mewakili Indonesia selama setahun terakhir ini berjuang dengan bakat seni yang dimiliki untuk menjadi penerima Tropy Juara I. Bukan hanya Firman, Bone, Sulsel, tetapi Indonesia akan lebih dikenal dan mengangkat citra Indonesia di dunia Internasional khususnya di bidang Seni Lukis," harap Ardi.

Maros, 7 Mei 2018





Tidak ada komentar