Breaking News

Dipolisikan, P3MD Tantang FK Lintas LSM dan Konsentrasi Polisikan Media

Muh. Tariqullah



WATANSOPPENG, LAMELLONG.COM; -- Programan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Soppeng melayangkan surat Pernyataan Sikap yang ditujukan kepada Kapolres Soppeng (Jumat/18/05/2018).

Surat pernyataan sikap tersebut dimaksudkan untuk menanggapi laporan FK Lintas LSM Indonesia di kepolisian Resort Soppeng terhadap 3 oknum pendamping desa P3MD dan oknum pegawai Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Desa Kabupaten Soppeng atas dugaan penyalahgunaan ADD dan DD TA. 2017.

Yunas Asri salah seorang Pendamping Desa saat dikonfirmasi membenarkan surat pernyataan sikap tersebut dan yang bersangkutan menambahkan, pernyataan sikap itu hasil diskusi dan koordinasi internal P3MD Kabupaten Soppeng.

“Kami tidak mau persoalan ini terus berlarut-larut tanpa kejelasan yang nantinya hanya akan menimbulkan opini negatif terhadap pendamping. Padahal kami meyakini, dugaan tersebut tidak benar, tidak berdasar dan cenderung mengada-ada," tegas Yunan.

Ditanya langkah selanjutnya yang akan ditempuh, Yunas  menjawab “terkait laporan tersebut kita serahkan hasilnya ke polisi, namun yang pasti kami tidak akan berhenti sampai di sini, kami juga sementra pelajari dan Insya Allah akan menentukan langkah-langkah Hukum yang akan ditempuh selanjutnya. Ungkap mantan Aktifis IMPS UMI Ini.

Berikut 3 poin pernyataan sikap tim P3MD Kabupaten Soppeng :

1). Mendesak kepada Kapolres Soppeng untuk segera memproses dan menindaklanjuti laporan yang dilaporakan FK Lintas LSM Indonesia Kabupaten Soppeng agar mendapat status hukum yang jelas demi menghindari berkembangnya opini negatif terhadap pendamping Desa P3MD dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

2). Meminta kepada Kapolres Soppeng agar kiranya memperhatikan Pedoman Kerja antara kementrian Desa PDTT, Kementrian Dalam Negeri dan Kepolisian Republik Indonesia Nomor : 01/SJ/PK/I/2018, Nomor 119/454/BPD, Nomor : B/6/1/2018 tentang Pelaksanaan, Pencegahan, Pengawasan dan Penanganan permasalahan Dana Desa dalam menindak lanjuti laporan permasalahan Dana Desa.

3). Tim P3MD Kabupaten Soppeng melakukan konsolidasi tentang langkah-langkah strategis dan upaya hukum selanjutnya demi menghindari adanya oknum-oknum tertentu yang ingin mencari keuntungan pribadi dengan melakukan pelemahan dan menghambat implementasi Undang Undang Desa.

Salah satu penanda tangan pernayataan sikap tersebut, Tariqullah, pendamping desa, membenarkan hal ini, bahkan bukan hanya kepada FK Lintas LSM tetapi pihaknya tengah berkonsentrasi menuntut media yang memberitakan, tandas aktifis Pergerakan Mahasiswa Islam Indoneisa (PMII) ini, saat dikonfirmasi via ponselnya, Sabtu pagi, 19 Mei 2018.




Hingga berita ini naik tayang, pihak redaksi media ini belum mengkonfirmasi, baik kepada Kepolisian setempat maupun kepada pihak pelapor. (usa)



Tidak ada komentar