Breaking News

Hj. Hasmawati, SKM, M.Kes : Transparansi dan Koordinasi yang Baik, Kunci Sukses Jalankan Amanah





Laporan : Ardi Bola

MAROS, LAMELLONG.COM; -- Meski terbilang baru diamanahi tugas sebagai Kepala Puskesmas Simbang Kecamatan Simbang Kabupaten Maros, tetapi oleh masyarakat setempat ia dinilai telah banyak melakukan perubahan di tempat tugasnya yang baru.

Mulai kebersihan lingkungan Puskesmas di dalam dan di luar, sinergitas antarsesama petugas di lingkungan institusinya hingga pelayanan prima yang dipersembahkan kepada masyarakat.

Namun bagi Kepala Puskesmas Simbang, Hj. Hasmawati ini, dirinya tidaklah merasa berbuat berlebihan. 

"Saya hanya menjalankan amanah sesuai tupoksi, yang memanag dan mengaktifkan koordinasi dengan lintas sektor serta melibatkan semua stackholder," kata Hj. Hasmawati saat dikonfirmasi, baru-baru ini di Maros.

Baginya, apa yang dilakukan selain karena melaksanakan tugas juga memiliki nilai kemanusiaan dan ini adalah bagian dari pada ibadah sebagai hamba Allah SWT.

Diuraikan, dalam pelaksanaan tugas-tugasnya, pemerintah telah membekali dengan 18 program layanan kesehatan di tingkat Puskesmas.

Dalam mengimplementasikan  semua program itu, lanjut Kapus ini, pemerintah telah memberikan dukungan anggaran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) yakni; Biaya Operasional Kesehatan (BOK) dan dukungan dana dari masyarakat yang dikelola oleh BPJS, urainya. 

Untuk mensukseskan program tersebut, sebagai Kepala Puskesmas, diriya wajib memperkenalkan programnya kepada Lintas Sektor (Linsek) agar nantinya ada kerja sama yang baik antara Kapus dan Linsek untuk mengawasi program layanan kesehatan masyarakat yang akan dilaksanakan oleh petugas kesehatan dari puskesmas, tegasnya.

Dikatakan, Linsek dari hasil pengamatan masing-masing Kepala Desa menjadi bahan evaluasi pada saat ada rapat Linsek di Kantor Puskesmas dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas layanan kesehatan masyarakat.

Dijelaskan, untuk terlaksananya program kesehatan di tingkat desa dengan baik dan benar Kapus harus proaktif melakukan monitoring petugas kesehatan di lapangan.

Kepala Desa Tanete Kecamatan Simbang Kabupaten Maros Abdul Kadir Gaffar, S.Ag sesuai aspirasi yang diterima dari masyarakatnya yang menilai Kapus Simbang Kabupaten Maros sudah melaksanakan layanan kesehatan Masyarakat Simbang sudah sesuai standar alias paripurna.

Masih menurut Kades ini saat berbincang santai dengan Lamellong.com di salah satu Warkop di Maros baru-baru ini, satu - satunya puskesmas di Maros tertib administrasi dan disiplin melayani masyarakat, adalah Puskesmas Simbang.

"Kantor Puskesmas belum standar tapi kapusnya mampu meyakinkan masyarakat dengan cara menkodisikan setiap ruangan tertata dengan baik supaya mutu dan kualitas layanannya terpenuhi sehingga memuaskan para pasien," ujar kades ini memuji Kepala Puskesmas Simbang Hj. Hasmawati, SKM, M.Kes.


Tidak ada komentar