Breaking News

Kapus Hasmawati Sukses Kawal Kelompok Toga Simbang Juara I Tingkat Kabupaten



LAPORAN : Ardi Bola


MAROS, LAMELLONG.COM; -- Setelah sukses meraih Juara I Lomba Tanaman Obat Keluarga (Toga) baru-baru ini  menyingkirkan 13 Kecamatan se-Kabupaten Maros, akhirnya, Kelompok Toga  Kecamatan Simbang oleh panitia lomba menetapkan Kelompok Toga Kecamatan Simbang  mewakili Kabupaten Maros dalam lomba Tanaman Obat Keluarga atau Toga  tingkat Provinsi Sulsel dan selanjutnya ke tingkat nasional.

Kegiatan yang digelar oleh Kementerian Kesehatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat jika obat tak harus dibeli dari apotek.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dinkes Maros, Hariani Jompa saat datang melakukan penilaian di lokasi Toga di Dusun Garantiga Desa Simbang.

“Lomba ini sebenarnya bertujuan untuk memberi pemahaman kepada kita semua, bahwa obat itu tidak selalu dalam bentuk pil, tablet dan bentuk lainnya yang harus kita beli dari apotek. Akan tetapi, obat itu ternyata sangat dekat dengan kita, yakni ramuan dari tanaman di sekitar rumah kita, ujarnya, Jumat (25/5/2018).

Dikatakan, di sekitar kita ternyata bertebaran berbagai jenis tanaman yang bisa dijadikan obat dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Karena itu, pihaknya berharap masyarakat menanam beberapa jenis tanaman obat di sekitaran rumah mereka.

“Masyarakat Simbang, baik di Garantiga maupun di dusun lain, kami harapkan dapat menanam beberapa jenis tanaman, seperti Temu Kunci, Sambung Jiwa, Lavender, Kayu Urip, Cocor Bebek, Cabiroto, Kumis Kucing, dan lainnya. Karena beberapa jenis tanaman ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, anggota PKK Simbang, Mardia Dg Ratang mengatakan, jika tanaman tersebut tidak sulit ditemui dan cenderung mudah untuk tumbuh.

“Berbagai jenis tanaman ini tidak susah ji kita’ temui, mudah ji juga tumbuh jadi bisa ji ditanam di dekat rumah ta’. Karena selain memberi manfaat, bagus juga ki diliat ka jadi tanaman hias mi juga. Banyak sekali manfaatnya,” ungkapnya.

Berbagai kalangan menilai, dengan keberhasilan Kelompok Toga Simbang sukses menyabet Juara I pada lomba tingkat Kabupaten Maros baru-baru ini, tak lepas dari peran pembina.

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Ka Puskesmas) atau Kapus selaku Pembina Kelompok Toga Kecamatan Simbang, Hj. Hasmawati, ditemui di Kantornya baru-baru ini, mengatakan, keberhasilan ini tidak dicapai seketika, tetapi punya proses.

"Ini semua melaksanakan perannya dengan baik. Para pengurus dan anggota kelompok, Camat dan Kades serta jajarannya telah memiliki peran masing-masing dan mereka action hingga tiba waktu lomba," beber Hi. Hasmawati.

Dikatakan, 73 jenis toga yang ditanam pada setiap kelompok. Dengan dukungan dari Puskesmas dan Camat Simbang serta Kades Simbang sehingga sampai pada saat penilaian dari Kemenkes sudah terbentuk 8 kelompok.

"Alhamdulilah, selain sudah dapat dimanfaatkan masyarakat setempat, toga ini, juga sudah meraih prestasi yang dapat mengangkat nama daerah sekaligus menjadi motivasi bagi masyarakat," ungkapnya.

Diharapkan, dengan prestasi ini berlanjut hingga ke tingkat provinsi dan nasional, harap Hj. Hasmawati.

Tidak ada komentar