Breaking News

Kunjungan Edukasi Ekosistem Laut, MAN 2 Soppeng Temukan Tiga Habitat



Citizen Reporter

Laporan : Yasir Suardi

Civitas Akademika MAN 2 Soppeng


BARRU, LAMELLONG.COM; -- Wilayah Indonesia sebagian besar terdiri dari perairan dengan pulau-pulau kecil yang eksotik. Lautnya memiliki kekayaan ekosistem yang beragam dan tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahuinya, baik jenis, manfaat maupun pengelolaanya. Karenanya, keindahan dan ekosistem yang dikandungnya menjadi sangat menarik untuk didalami dan diamati.

Didampingi 9 guru, 50 siswa Kelas X IPA madrasah tersebut, melakukan kunjungan edukasi ekosistem laut ke Kabupaten Barru Sulawesi Selatan.


Dalam kunjungan ini, guru Biologi, Nununiswa, S.Pd, memberikan pengetahuan tentang jenis ekosistem laut dan dampak aktivitas manusia terhadap keberlangsungan hidup ekosistem secara nyata keoada siswa dalam yang selama ini hanya dijumpai pada teks buku bacaan.

Melalui metoda joyfull learning dan menggunakan alat peraga langsung ditemui di Pantai Awerange Kabupaten Barru.


Dengan singkat dijelaskan, terdapat 3 ekosistem utama yang sering dijumpai di perairan laut Indonesia, dan ketiganya terdapat di Gugusan Awerange ini, yaitu; Habitat Bulu Babi, Bintang Laut dan terumbu karang.

Pada penjelasannya, disampaikan juga jenis biota yang ada serta dampak perubahan iklim dan aktivitas masyarakat terhadap keberlangsungan hidup biota laut, jelas lulusan terbaik S1 Biologi Universitas Negeri Makassar (UNM) ini.


Kepala MAN 2 Soppeng Dra. Hj. Hadzirah, di lokasi kegiatan, mengharapkan, Siswa dan guru pendamping mengharapkan peningkatan pengetahuan khususnya tentang kelautan dapat terus diberikan kepada siswa dalam menjaga kelestarian laut Indonesia.

Kunjungan edukasi ini menjadi modal pengetahuan dalam praktik lapangan terkait ekosistem laut.

Dengan berbagai jenis hewan laut yang ditemukan, tambahnya, dapat memberi pemahaman siswa begitu beragam ciptaan Allah SWT.


Dengan menggunakan Fasilitas 2 mobil bus dan 2 mobil minibus, rombongan  menyempatkan juga  mengunjungi tempat berbeda di Pantai  Batu.

Penanggung jawab kegiatan, Masdani, S.Pd mengatakan, kegiatan ini, "alhamdulillah berjalan dengan baik, berkat kerja sama dewan guru pendamping dan siswa.

Selanjutnya, "dengan besarnya manfaat yang kita lihat, kegiatan seperti ini akan diagendakan melaksanakan tiap tahun," ungkapnya.


Tidak ada komentar