Breaking News

Pelayanan Puskesmas Simbang Maros Dinilai Memuaskan



MAROS, LAMELLONG.COM; -- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Simbang Kabupaten Maros belakangan ini terlihat rapi, bersih termasuk dukungan personil yang bertugas di institusi itu dirasakan makin menyadari diri kalau apa yang tengah dilakukan bukan sekadar memenuhi kewajiban sebagai aparat tetapi lebih dari pada itu mereka tampak memberikan pelayanan dengan penuh rasa kemanusiaan.

Setidaknya ini dirasakan sejak Juli 2017. Sejak itu, Hj. Hasmawati, S.Kep, M.Kes mendapatkan tugas baru sebagai Kepala Puskesmas (Kapus) Simbang.

Bukan hanya di areal Puskesmas, tetapi juga di sekitar lokasi terlihat bersih dari sampah yang selama ini tampak berserakan yang cukup mengganggu pandangan mata apalagi dari sisi kesehatan.

Kini di bawah kepemimpinan Hasmawati, kinerja aparat di Puskesmas itu tampak semakin dinamis dan bergairah.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Desa Tanete Kecamatan Simbang Abdul Kadir Gaffar, S.Ag saat berbincang santai  dengan Lamellong.com di salah satu Warkop di Maros, Selasa malam, 8 Mei 2018.

Di awal bertugas, lanjutnya, sebagai Kapus, Hj. Hasmawati, bersama sejumlah anggota militer dari Kostrad Kodam Hasanuddin dengan sejumlah aparat Puskesmas itu, bahkan dibantu dari sejumlah warga setempat, melakukan pembersihan sampah di areal Puskesmas.

Masih menurut kades ini, pelayanan di Puskesmas itu dirasakan semakin memuaskan karena sudah sesuai standar.

Terbukti pasien semakin banyak antara 70 hingga 80 padahal sebelumnya pasien cuma 5 sampai 10 orang saja setiap harinya.

Apalagi kinerja ASN nya berubah total dibuktikan dengan diwajibkannya oleh kapus utk apel pagi dan apel pulang padahal sebelumnya ASN datang jam 10 dan pulang jam 12.

"Alhamdulillah Puskesmas Simbang sampai hari masih tetap bekerja dengan baik dan benar sesuai standar layanan di FKTP. Bahkan Kapus Hj. Hasmawati selalu memperhatikan mutu dan kualitas layanan bisa di buktikan dengan terlaksananya pertemuan lintas sektor di aula Puskesmas untuk mengatasi persoalan layanan kesehatan masyarakat di Kecamatan ini. Padahal sebelumnya tidak pernah dilakukan rapat linsek untuk memaparkan program layanan kesehatan pada setiap desa apa lagi mencari solusinya.

Dari rapat linsek di tingkat Kecamatan Simbang untuk mensosialisasikan bagaimana wilayah kerja Puskesmas Simbang ini menjadi sebuah wilayah yang sehat, sehat penduduk dan sehat dari segala aspek.

Kades Tanete Abdul Kadir Gaffar, S,Ag membeberkan kalau dirinya pernah bertanya kepada Kapus Hasnawati, "dimana kita ambil uang untuk melakukan semua ini."

Dengan sedikit tersenyum, kapus Hasmawati ini memberikan jawaban, "kalau semua ini sudah disiapkan anggarannya pak desa. Sumber dananya dari APBN yang disebut BOK (Biaya Operasional Kesehatan) dan JKN (Jaminan Kesehatan Masyarakat) yang dikelolah oleh BPJS," jawabnya.

Kalau Puskesmas ini diberdayakan, dipastikan masyarakat SEJAHTERA akan terwujud dengan layanan kesehatan ini, beber Kadir di Warkop itu menirukan jawaban Kepala Puskesmas Simbang Hi. Hasmawati, S.Kep. M.Kes. (ardi bola/usa)


Tidak ada komentar