Breaking News

Prof Hamdan Juhannis : Adonan Ramadhan (11) "Trend Hijrah Kawula Muda"



Oleh: Hamdan Juhannis

MAKASSAR.LAMELLONG.COM : - Trend hijrah akhir akhir ini terjadi secara massif. Begitu banyak kita saksikan anak-anak muda berhijrah menuju pengamalan agama yang kaffah. Banyak kita saksikan perempuan muda yang sebelumnya berhijab biasa, berubah menjadi syar'i. Banyak anak muda di sela-sela istirahatnya memilih duduk di sudut masjid dan mengambil Qur'an kecil dari ranselnya, dibanding pergi kongkow di cafe.

Dunia hiburan yang dulu sering diidentikkan dengan 'sekuler' sekarang bergeser dengan program dan artis yang yang sarat dengan nuansa Islam. Film-film layar lebar banyak digarap dari latar kehidupan kaum santri.

Banyak eksekutif muda memutuskan ikut pada  gerakan keagamaan kota, terlibat langsung dalam kegiatan dakwah. Fenomena hijaber juga semakin menguat dengan hadirnya 'hijab community' yang mengisi kegiatan pemberdayaan masyarakat yang sebelumnya hanya mengandalkan kegiatan 'arisan bulanan'.

Fenomena hijrah seperti ini tidak terlepas dari membaiknya kesadaran anak-anak muda  terhadap ajaran agamanya. Masjid tidak lagi diidentikkan dengan barisan orang tua 'berani mati' tapi sudah dipenuhi dengan anak-anak muda yang menikmati kekhusyukan ibadah.

Namun yang perlu dipertegas bahwa hijrah itu adalah perpindahan menuju kercerahan jiwa. Anak muda sejatinya melahirkan ghirah beragama yang rasional bukan emosional. Sedapat mungkin trend hijrah tetap mendahulukan sikap terbuka, sehingga tidak memunculkan cara beragama yang mudah menyalakan.

Hijrah itu sejatinya menciptakan Muslim muda yang toleran terhadap perbedaan, bukan memaksakan pemahaman. Hijrah adalah jihad yang sepatutnya dibarengi dengan ijtihad. Artinya perpindahan menuju pada cahaya Islam itu harus dibarengi dengan perenungan mendalam tentang esensi agama, bukan karena semata mengikuti trend dan emosi meluap-luap dan tak membumi. Asal jangan merenung melulu, kapan hijrahnya bro?

Tidak ada komentar