Breaking News

Terima Rektor UNM Prof. Husain Syam, Bupati Soppeng Tawarkan Konsep Kerjasama




WATANSOPPENG, LAMELLONG.COM; --  Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE bersama anggota Forkopimda Soppeng menerima Rektor  Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP bersama rombongan dalam rangka kunjungan KKN-PPL Terpadu Angkatan XVI dan KKN Reguler Angkatan XXXVIII 2018 di Baruga Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Soppeng Jl. Pengayoman Watansoppeng, 14 Mei 2018.

Ketua Panitia selaku Koordinator Kabupaten, Harjun, dalam laporannya, jumlah KKN Mahasiswa UNM yang ditempatkan di Soppeng tahun ini 493 orang.

Dilaporkan, beberapa kegiatan yang laksanakan, seperti; Pergelaran Seni dan Budaya bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan kegiatan sosialisasi pemilih pertama.

Harjun juga mengatakan, rektor mendukung penuh Program Pemerintah Kabupaten Soppeng, seperti, program Soppeng Bebas Ancaman Tinja (SoBAT) yang menjadi program nasional.

Bupati Soppeng dalam sambutannya, menyampaikan perasaan bangga atas kedatangan Rektor UNM bersama rombongan.

Dikatakan, kegiatan ini sangat luar biasa dan pihaknya merasa sangat terbantu dengan kegiatan mahasiswa KKN selama di daerah ini.

Melihat Kondisi pendidikan saat ini, lanjutnya, pihaknya ingin menjalin kerjasama dengan UNM karena tahun 2018 ini sekitar 200 guru akan pensiun dan tentunya akan kekurangan tenaga pendidik.

"Kami ingin menawarkan konsep kerjasama dengan UNM supaya bisa melibatkan mahasiswa untuk mengajar di daerah-daerah terpencil," tambahnya.

Menurutnya, masih ada masalah yang dihadapi dunia pendidikan di Soppeng, di antaranya; banyak guru yang sudah diberi tunjangan tapi masih belum maksimal dalam mengajar.

Sebagai wujud peningkatan pelajar di Soppeng, maka Pemerintah Kabupaten Soppeng memberikan kesempatan kepada pelajar untuk bersekolah sampai ke jenjang sekolah sampai yang tertinggi dengan total beasiswa sebesar Rp 8 Milyar.

Namun, lanjut Bupati Soppeng ini, problem saat ini adalah sejak pengelolaan Sekolah Menengah Atas diambil alih Provinsi, maka peningkatan mutu pendidikannya semakin berkurang karena kurangnya pengawasannya.

Bupati Soppeng juga tak lupa menyampaikan  ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKN UNM yang telah berpartisipasi dalam program SoBAT yang merupakan program Nasional.

"Kami berharap seluruh instansi terkait harus memiliki data yang sangat akurat dalam Gerakan Mappadeceng supaya permasalahan masyarakat dapat diselesaikan dengan cepat sehingga lebih maksimal dalam melayani masyarakat," harapnya.

Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Soppeng khususnya kepada Bupati Soppeng bersama jajarannya atas sambutannya yang sangat luar biasa.

"Saya merasa bangga dan berbahagia atas sambutan Bupati Soppeng," kata Prof. Husain Syam.

Prof. Dr. Husain Syam pun tak lupa menyatakan dukungan penuh kepada Selfi salah satu putri Soppeng yang saat ini tengah berjuang di Grand Final LIDA 2018 untuk meraih Juara I. Bahkan dirinya berharap kepada seluruh civitas akademika UNM, seluruh unsur pimpinan mewajibkan mengiriimkam SMS untuk kemenangan utusan Sulsel pada kontestasi Liga Dangdut Indonesia 2018.

"Saya berharap seluruh pejabat yang ada di UNM dan seluruh unsur pimpinan UNM wajib hukumnya mendukung Selfi untuk menjadi juara.

Melalui kesempatan ini, "saya mengatakan, Rp 70 juta disiapkan untuk mendukung Selfi," tandas Prof. Husain.

"Waktu saya KKN di Soppeng, saat mendapatkan pelajaran adat yang sangat luar biasa dalam tata krama dan penghormatan pada orang tua atau yang lebih tua" kenang Guru Besar ini.

Rektor UNM ini juga menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bupati Soppeng menerima Mahasiswa UNM dan disampaikan permohonan maaf yang sebesa-besarnya bila ada kekurangan dan kesalahan mahasiswanya selama berada di daerah ini" ungkapnya.

Dikatakan, untuk kerjasama dengan UNM dalam hal pendidikan, lanjutnya, terkait dengan kekurangan tenaga pengajar, pihaknya meminta satu desa sebagai desa binaan yang setiap saat bisa kembangkan dan bina dalam meningkatkan pendidikan di daerah tersebut.

Mahasiswa KKN ini mulai berkarya di Soppeng
sejak tanggal 19 Maret  sampai dengan tanggal 19 Juni 2018.

Selanjutnya, rombongan Rektor UNM sesuai jadwal akan berkunjung ke Rumah Adat Sao Mario Batu-Batu Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng

Turut hadir pada acara itu, Wakil Ketua DPRD Soppeng, para Kepala SKPD, dan Para camat. (usa)


Tidak ada komentar