Breaking News

Dr. A. Ilyas Ismail MA: Inti Visitasi BAN-PT Adalah Koneksi, Validasi dan Advokasi



MAKASSAR, LAMELLONG.COM; -- Inti dari visitasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), setiap kali turun ke Program Studi (Prodi) melakukan visitasi atau asesmen lapangan adalah koneksi, validasi dan advokasi.

Demikian ditegaskan Asesor BAN-PT, Dr. A. Ilyas Ismail, MA saat melakukan asesmen lapangan untuk Prodi S1 Sosiologi Fisip Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar pada 3-5 Juni 2018.

Asesor lainnya yang turun melakukan visitasi bersama Ilyas Ismail, adalah Prof. Dr. Damsar, sehari-hari adalah dosen sosiologi di Universitas Andalas (UNAND) Padang.

"Saya sendiri sering ke Makassar tapi ke UIN Alauddin Makasssar dan beberapa PTS Islam, ke Universitas Sawerigading (UNSA) Makassar ini baru pertama kali," ucap Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) Jakarta ini.

Selain itu, dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah itu, juga mengatakan, kebetulan visitasi periode kali ini bulan ramadhan, bulan berkah, mudah-mudahan membawa berkah, ucap pria kelahiran Madura 5 April 1963 itu.

Asesor kedua, Prof. Dr. Damsar, menambahkan, jika masih ada data yang kurang, tolong dicari datanya, tegas penulis beberapa buku teks ilmu sosiologi ini.

Biasanya, di dalan borang spacenya terbatas, mungkin sudah diatur tapi ada beberapa dokumen yang terselip yang masih kurang dan bisa dilengkapi, ucap pria kelahiran 3 Juli 1963 di Tanjung Tiram, Batubara Sumatera Utara ini.

Kedatangan kedua asesor BAN-PT ini didampingi oleh Dekan Fisipol Unsa Dr. Muhammad Yahya, M.Si dan Ketua Prodi Sosiologi Unsa Dr. Adi Sumandiyar, S.Sos, M.Si, disambut Rektor Unsa Makassar, Prof. Dr. A. Melantik Rompegading, SH, MH.

Wakil Rektor I, II dan III, yakni; Dra. Hj. Mardiani, M.Hum, Dr. Muh. Hasyim, SH, MH dan  Dr. Amran Sjahruddin, SH, M.Hum., MM serta para dekan dan civitas akademika lainnya.

Dekan Fisip Unsa, Dr. Muhammad Yahya saat penerimaan tim asesor mengatakan, ketika menerima SK dari BAN-PT, kedua nama yang akan asesmen lapangan Dr. A. Ilyas Ismail, MA dan Prof. Dr. Damsar.

Kedua nama itu terasa tidak asing lagi bagi kami, sehingga saya katakan kepada teman-teman dosen Unsa, kedua asessor ini sepertinya jauh dimata dekat dihati.

Ilyas Ismail, selaku penulis, banyak membaca karyanya termuat di Harian Republika, Kompas  dan Media Indonesia.

Serta beberapa buku teks, yakni; Filsafat Dakwah, Pilar-pilar Takwa , Paham-Paham yang Perlu Diluruskan dan Islam The Straight Way, tegas Yahya.

"Prof. Damsar, juga beberapa bukunya menjadi referensi kami di Unsa Makassar, terutama mata kuliah Sosiologi Politik, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Perkotaan dan Teori-Teori Sosiologi," kata Doktor Sosiologi PPs-UNM ini.

Rektor Unsa Makassar Prof. Dr. Andi Melantik Rompegading, SH, MH, saat seluruh rangkaian visitasi berakhir mengatakan, semoga nilai yang didapatkan Prodi Sosiologi bisa lebih baik lagi, harapnya. (darsil)

Tidak ada komentar