Breaking News

Inilah Kemeriahan dan Keunikan Salat Idul Fitri di Jeneponto



Citizen Reporter

Laporan: Hajrah Aswad

Aktifis Pers Mahasiswa Universitas Sawerigading Makassar


JENEPONTO, LAMELLONG.COM; -- Salat Idul Fitri di Jeneponto seperti tahun-tahun sebelumnya diikuti oleh masyarakat dari Dusun Baraya, Dusun Mattiro Baji Selatan dan Dusun Mattiro Baji Utara.

Mereka berkumpul pada satu titik di lapangan salah satu sekolah dasar yang ada di Dusun Baraya, Jumat (15/06/2018).

Adapun yang bertindak selaku Imam salat Idul Fitri, Bapak Bohari dan Ustadz Jumar Mansa tampil membawakan Khotbah, dan Jumarang selaku protokol dan juga membacakan jumlah uang zakat fitrah.

Ada yang unik dari lebaran masyarakat Jeneponto, yakni harus memberitahukan jumlah dari uang zakat fitrah masing-masing dusun.

Dan ini juga sebagai ajang perlombaan, mana yang lebih banyak jumlah uang zakat fitrahnya dan para jamaah akan bersorak riuh setiap penyebutan total tersebut.

Hasbianti, S.Pd salah satu jamaah yang ikut lebaran bersama suaminya di kampung halaman suaminya mengatakan, ini adalah suasana dan situasi baru bagi saya karena ini kali pertama saya lebaran di Jeneponto.

Ditambahkan pula, lebaran dikampung ini masih sangat tradisional, semua kegiatan yang berlangsung masih dilakukan dengan cara yang tradisional, cuacanya juga sejuk dan masyarakatnya sangat antusias berlebaran, tuturnya.


Tidak ada komentar