Breaking News

Innalillah ... Simbang berduka, 10 Bulan Jadi Kapus, Hj. Hasmawati 'Disingkirkan'



Reporter : Ardi Bola

MAROS, LAMELLONG.COM; --  Setelah kurang lebih 10 bulan bertugas sebagai Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Kapus) Simbang Kabupaten Maros, Hj. Hasmawati disingkirkan.

Hj. Hasmawati jadi Kapus Simbang sejak Juli 2017 dan oleh instansi berwenang kembali memutasinya pada Juni 2018.

Disadari, dengan mutasi sesingkat ini tentu menjadi kewenangan penentu kebijakan di Pemerintah Daerah Kabupaten Maros. Namun kejadian ini mengundang tanda tanya bagi warga setempat.

Bagaimana tidak, dengan keberadaan Hj. Hasmawati sebagai Kepala Puskesmas Simbang telah banyak memberi perubahan di institusinya, mulai dari kebersihan, pelayanan petugasnya kepada masyarakat, administrasi hingga hubungan koordinasi dengan lintas sektoral.

Berdasarkan pemantauan di masyarakat bahwa Kapus Hj. Hasmawati, S.Kep. M.Kes, bulan pertama bertugas, kantornya langsung dibenahi, karena menurutnya (Kapus) tidak layak dijadikan tempat layanan kesehatan untuk masyarakat.

Kantor terlihat kumuh dan tidak nyaman dipandang, disebabkan adanya tumpukan sampah di mana mana .

Masuk bulan kedua, Kapus membenahi pegawainya, mewajibkan untyk mengikuti Apel pagi Jam 07.30 WITA dan Apel pulang jam 13.45 WITA.

Alasannya untuk meningkatkan mutu dan kualitas layanan kepada masyarakat.

Masuk bulan ketiga, Kapus fokus kepada pembenahan administrasi Puskesmas dalam rangka penilaian Akreditasi Puskesmas.

Setelah rampung semua, Kapus Hj. Hasmawati berkunjung ke Puskesmas Tanrutedong Sidrap dengan membawa serta beberapa pegawainya untuk mempelajari administrasi Puskesmas Tanrutedong yang sudah mendapatkan Akreditasi Paripurna.

Setelah kembali, Kapus memerintahkan pegawainya untuk melengkapi administrasi yang dianggap kurang. Setelah rampung semua, Kapus Hj. Hasmawati menghubungi Kapus Tanrutedong via ponselnya, dengan senang menyampaikan, bahwa adminiatrasinya dinilai sudah rampung dibenahi.

Satu Minggu kemudian, setelah ditelpon, Kapus Tanrutedong rekreasi ke Bantimurung dengan membawa pegawainya, dan pada saat itu Kapus Simbang memanfaatkan waktu untuk mengajak Kapus Tanrutedong berkunjung ke Puskesmas Simbang untuk mengevaluasi apa yang sudah dilakukan untuk menghadapi Tim penilai Akreditasi Fasitlitas Keaehatan Tibgjat Pertama (FKTP) dari Kemenkes RI pekan depan (bulan Nopember 2017).

Keesokan harinya, Ahad, Kapus Tanrutedong bersama beberapa pegawainya mendatangi Puskesmas Simbang. Kedatangannya ini untuk melihat kesiapan Kapus Simbang sejauh mana kesiapan Puskesmas Simbang dalam menghadapi akreditasi.

Menurut Kapus Tanrutedong Ali Taba, bahwa admininistrasi Puskesmas Simbang dinilai telah sempurna dan penataan ruangannya juga sudah baik, ditambah pasilitas ramah anaknya sangat luar biasa lukisannya.

Super sekali, pengakuan Kapus Tanrutedong yang sudah mendapat akreditasi paripurna. Setelah tiba gilirannya untuk dinilai oleh Ketua Tim Akreditasi FKTP,  mengatakan, nilainya baik.

Pernyataan dari Tim ini diutarakan di depan lintas sektor Kecamatan Simbang yang dihadiri Kadis kesehatan Maros ketika itu.

Pernyataan Tim ini, tentunya menjadi kabar baik bagi pihak mastarakat setempat. Karena memang seperti itulah yang dirasakan oleh masyarakat, terutama pelayanan Puskesmas itu kepada masyarakat. Belum lagi dari segi kebersihan. Adapun dari segi adminjstrasi, masyarakat tidak melihat sedetail itu karena bagi mereka bagaimana Puskesmas bisa memberikan pelayanan dengan baik kepada mereka.

Satu-satunya Puskesmas di Kabupaten Maros  yang kinerjanya dinilai Paripurna. Ini pengakuan masyarakat dan memang layanan kesehatan tidak bisa direkayasa.

"Selama menjabat Kades baru kali ini saya menandatangani SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) petugas kesehatan dari Puskesmas Simbang nanti Kapus Hj. Hasmawati, S.Km . M.Kes," akunya.

Hal ini diutarakan oleh Kepala Desa Tanete Kecamatan Simbang Kabupaten Maros Abd. Kadir, S Ag di kediamannya di Tanete, pada Kamis, 7 Juli 2018.

Hingga berita ini naik tayang, Lamellong.com belum mengkonfirmasi pihak Pemkab Maros atau Dinas Kesehatan Maros.


Tidak ada komentar