Breaking News

Prof Hamdan Juhannis : Adonan Ramadhan (22) ''Melawan Budaya Konsumtif"



Oleh: Hamdan Juhannis

MAKASSAR.LAMELLONG.COM : - Satu lagi yang perlu dikuatkan pada anak-anak kita adalah mencegah budaya konsumtif. Konsumerisme adalah prilaku memakai yang berlebihan, yang sudah melebihi kewajaran. Prilaku konsumtif inilah yang melanda masyarakat kita dan tentunya harus dilawan. Prilaku konsumtif berkelindan dengan materialisme yang semakin merajalela. 

Konsumerisme merasuk ke berbagai sisi hidup kita. Ironisnya, tradisi sering menjadi tempat bersemainya budaya konsumtif tersebut. Lihatlah bagaimana hajatan resepsi pernikahan yang super mewah dari kalangan berduit, dilakukan di hotel-hotel mewah. Pernak pernik yang mengikuti pesta tersebut semua disajikan secara lux.

Lihatlah bagaimana ramadhan dilakoni yang tujuannya untuk berempati kepada yang tak berpunya tapi menjadi paradoks dengan konsumeris; menjamurnya bazar, semakin ramainya mall dan tempat belanja, dan hotel-hotel berbintang menyodorkan berbagai paket bukber, termasuk juga perhelatan fashion semakin mendapatkan momentumnya.

Menurutku, perlu ada pendidikan terstruktur untuk memerangi budaya konsumtif ini. Mari mulai dari anak-anak kita untuk memutus mata rantai prilaku konsumtif ini. Kita mulai dari cara kita menyikapi kebutuhan anak-anak kita. Kita selalu mengajarkan anak-anak kita untuk selalu membedakan kebutuhan dari keinginan. Konsumerisme itu hadir karena semata pemenuhan keinginan. Kita perlu mengulangi di telinga anak kita bahaya konsumerisme, yaitu mengarah kepada pendewaan materi yang berlebihan, berefek pada egoisme diri, 'Kan punya saya, yah terserah saja.'

Prilaku konsumtif anak juga melahirkan mentalitas kurang menghargai sebuah pencapaian, mental yang tidak suka menempuh proses, dan  cenderung menurunkan daya juang untuk menghasilkan. Karena akan menimbulkan pemahaman kalau semua mudah didapat dari orangtua.

Mencegah anak untuk konsumtif adalah upaya menjauhkan mereka dari egoisme prilaku. Bila konsumerisme dibumbuhi oleh egoisme, itulah yang melahirkan hedonisme. Dan yang paling berbahaya, prilaku konsumtif, bisa menyebabkan Kanker: Kantong Kering. (***)


Hamdan Juhannis :
Guru Besar UIN Alauddin Makassar, dan Dewan Pakar MW KAHMI Sulsel


Tidak ada komentar