Breaking News

Buka Workshop PUG, Pj. Bupati Bone Harap Wujudkan Keadilan Gender



Lamellong.com, Bone; -- Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan yaitu, dalam rumah tangga, masyarakat, dan negara,

Melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan.

Pembangunan gender saat ini lebih menekankan pada strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral dalam merencanakan, menganggarkan, melaksanakan, memantau serta mengevaluasi atas berbagai kebijakan, program dan kegiatan pembangunan.

Menundaklanjuti hal ini Penjabat Bupati Bone, Ir. H. A. Bakti Haruni, C.E.S. membuka Workshop Percepatan PUG di Daerah Melalui Pengembangan Kabupaten/Kota yang Responsif Gender Sulawesi Selatan, di Hotel Helios Watampone, Kamis, 28 Juni 2018.

Penjabat bupati berharap dengan adanya workshop ini dapat membuka wawasan kita untuk lebih memahami arti dan pentingnya kesetaraan gender, sehingga percepatan kesetaraan dan keadilan gender di kabupaten Bone dapat tercapai.

"Ke depan, diharapkan, kualitas dan peran perempuan dalam pembangunan semakin meningkat untuk terwujudnya Kabupaten Bone yang semakin baik," harap A. Bakti.

PUG sebagai sebuah strategi telah tertuang dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2000 yang mengamanatkan kepada seluruh menteri, kepala lembaga, gubernur dan bupati/walikota untuk mengintegrasikan PUG pada setiap tahapan proses pembangunan.

Selanjutnya, dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019, dinyatakan, PUG merupakan salah satu arus utama yang harus dilaksanakan dalam pembangunan di samping pengarusutamaan pembangunan yang berkelanjutan, (sustainable development) dan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Mendampingi Pj. Bupati A. Bakti hadir, di antaranya; Kepala Bappeda Kabupaten Bone, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta peserta workshop lainnya. (usa)


Tidak ada komentar