Breaking News

Ini Satu Lagi Kudapan Asal Makassar Kue Labu Palu



Citizen Reporter 

Laporan: Nurlaela 

Mahasiswa FKIP Universitas Muslim Maros (UMMA) Sulsel


Lamellong.com, Pangkep; -- Labu palu adalah salah satu kue tradisional yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Kue labu palu ini berbahan dasar dari beras ketan putih.

Membuat kue ini yang dilakukan terlebih dahulu adalah sangrai beras ketan sampai berwarna kecoklatan dan mulai wangi. Setelah dingin, digiling halus dan diayak.

Rahmadina (42) penjual aneka kue di Jl. Bolu Anrong Appaka Pangkep, Sabtu (30/7/2018), mengatakan, setelah digiling dan dihaluskan campur dengan garam dan gula lalu aduk rata.

"Masukkan kelapa parut kukus, aduk hingga rata. Siapkan cetakan kue mangkok atau sakura. Masukkan adonan lalu padatkan dan dikukus," katanya.

Ia mengaku, menjadi penjual kue tradisional sejak  2005 lalu, hingga saat ini ia juga masih menjual di lokasi yang sama.

Dengan kue yang ia produksi itu sudah memiliki pelanggan dari luar kampung yang sengaja mampir untuk membeli sebagai kudapan sambil minum teh.

Selain memiliki pelanggan, ia pun sering menerima pesanan dari Balai Latihan Kerja yang sengaja memesan untuk kursus pembuatan kue khas asli Makassar ini.

“Harga kue tradisional ini relatif murah hanya dengan uang Rp 5.000,- sudah bisa mendapatkan empat kue labu palu,” tutup Rahmadina.


Tidak ada komentar