Breaking News

Darma Penjual Kue Keliling di Pangkep Ini, Paling Tinggi Raih Keuntungan Rp 70 Ribu



Citizen Reporter

Laporan: Nurindah

Mahasiswa FKIP UMMA Maros



Lamellong.com, Pangkep; -- Ibu Darma yang bermukim di Bontoa, Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep ini,
merupakan sosok perempuan yang hampir setiap harinya, menghabiskan waktu, keliling menjual kue menggunakan sepeda motornya.

Dia  berkeliling menjual kue di Kelurahan Kalabbirang dengan menyusuri lorong-lorong perkampungan di sekitarnya.

Banyak macam kue ditawarkan, seperti; kue putu, donat, panada, martabat, roti pawa, roti goreng, kue bolu kukus, dan tarajjong.

Yang tidak kalah lagi, kue yang dijual itu adalah hasil buatannya sendiri. Berikut petikan wawancara penulis dengan wanita tangguh ini.

“Tante, ini kue yang kita jual, hasil buatanta ji juga”? Tanya penulis penasaran.

“Iye nak, ini kue hasil jerih payahku sendiri ji,” jawab Darma dengan wajah yang tulus.

“Masyaaallah strongta itu tante buatki”, kata penulis dengan membanggakannya.

Dia  membalasnya dengan senyuman yang penuh keikhlasan.

Dia membuat kue itu dimulai pada pukul 02:30 -06:00 pagi. Semua kue yang dijualnya, nikmat dan menggugah selera ditambah lagi hasil jerih payah buatannya sendiri.

Itu semua dilakukannya untuk memenuhi keperluan keluarganya.  Apa lagi dia masih mempunyai tiga orang anak yang harus ditanggungnya.

Dua orang anaknya sudah berkeluarga. Darma juga berada di kalangan keluarga yang tak mampu, yang harus membuatnya bekerja keras untuk menafkahi semua anak-anaknya.

Apalagi dua orang anaknya sedang menduduki bangku sekolah, dan yang satunya masih berumur tiga tahun.

Penghasilan didapat pun jumlahnya tidak seberapa. Jika kue jualannya banyak laku terjual, biasa mendapat Rp. 300.000.00, itupun dalam hasil keuntungan dia hanya mendapat  Rp. 70.000.00.

Belum lagi kalau kuenya tidak laku terjual, penghasilan yang dia dapat, tidak seberapa, terkadang tidak cukup untuk mengembalikan modalnya.

Pantas saja, pada diri Darma, menampakkan wajah sosok ibu pejuang, tangguh dan bekerja keras hanya memenuhi kebutuhan keluarganya.

Jika sempat melihat ibu ini, jangan lupa membeli kuenya yang begitu lezat dan enak. Bisa dijamin anda puas dalam mencicipinya.

Tidak ada komentar