Breaking News

Mahasiswa FKIP UMMA ini, Bisnis Online Asesoris Wanita Memadukan Hoby dan Bakat



Citizen Reporter

Laporan: Andi Armiana

Mahasiswa FKIP Universitas Muslim Maros (UMMA)


Lamellong.com, Maros; -- Akun media sosial (medsos) kini tak hanya menjadi wahana berbagi pengalaman pribadi. Medsos juga dapat dijadikan alat berbisnis yang efektif.

Berbagai akun medsos yang kerap dimanfaatkan bisnis online atau online shop adalah Facebook dan Instagram.

Melalui kedua akun ini, siapa pun dapat menjadi pebisnis online.

Di kalangan mahasiswa, fenomena online shop sedang mewabah. Jika dahulu praktik wirausaha hanya dilakoni mahasiswa ekonomi sebagai tuntutan materi kuliah, kini justru sebaliknya.

Mahasiswa jurusan mana pun banyak berbisnis online. Keseriusan para mahasiswa mengelola bisnis, juga tak bisa diremehkan. Terbukti dengan tingginya keuntungan yang mereka peroleh.

Afrah misalnya. mahasiswi FKIP UMMA, sejak 2016 berbisnis online shop. Dia menjual pakaian, aksesoris, perlengkapan wanita dan lain-lainnya dari pihak pertama alias reseller.

Artinya, Afrah berbelanja tanpa modal. Sebab dia hanya mengambil barang dari pihak lain dan menjualnya ke pelanggan.

Meski demikian, keuntungan yang diterima perempuan bernama lengkap Afrah Azzahra ini, dinilai cukup lumayan.

"Ya lumayan sih, 1 hari jualan tanpa modal gini sudah dapat Rp 50.000 tergantung dari orderan semakin banyak, orderan semakin banyak keuntungan . Tapi sekarang penjualan tertahan gara-gara final," ujar Afrah.

Perempuan asal Maros Sulsel ini berbisnis online dengan mengandalkan instagram. Akun jualannya terpisah dengan akun pribadi. Dia menamai bisnisnya Azzahra Olshop dan akun instagram dengan nama sama.

Afrah berharap ke depannya dia akan menjual barang dagangan sendiri, bukan dari pihak lain. Selain dapat lebih menekan harga, proses pengiriman juga lebih cepat.

Bisnis online yang dilakoni ini mendapat dukungan dari orang tuanya. Dia diizinkan berbisnis online asal tidak mengganggu tujuan utamanya, yakni kuliah.

"Orang tua sih enggak masalah sama usaha aku, asal enggak ganggu perkuliahan aja," ujarnya.

Bisnis Online ini adalah segelintir hal yang dilakoninya setiap hari, Ia juga mengajar di sekolah lamanya.

Tidak jarang ia juga menjadi sosok kakak, anak dan ibu bagaimana tidak, sebelum berangkat kuliah dia menyiapkan segala keperluan ayahnya yang biasa ia panggi babe.

Mengurus adiknya dari mulai mandi, pakaiannya setelah itu ia berangkat ke kampus, terkadang kedatangannya di kampus karena jawdwal kuliah atau mengajar.

Sosok Afrah dikenal sebagai perempuan yang mudah bergaul, kadang menggunakan bahasa tidak dimengerti alias alay, ciri khas dari cara berbicaranya yaitu dengan mencampurkan bahasa Indonesia dan daerah serta bahasa gaul .

Jika melihat bisnis yang dikerjakannya, terlihat yang mendominasi ialah riasan dan segala jenis perawatan wajah, tubuh dan sebagainya.  Ini juga berkaitan dengan hoby dan bakatya yaitu make up.

Dia sangat senang memoles atau mempercantik diri dengan make up menurutnya itu kesenangan tersendiri, katanya.

Hobi dibayar itu menyenangkan, sekalian sebagai latihan karena MUA (Make Up) merupakan hobi dan bakatnya, tandasnya. 

Tidak ada komentar