Breaking News

MC3 Ikut Workshop di A2KPI Jakarta



Lamellong.com, Jakarta; -- Organisasi pasien penyakit kanker, Makassar Cancer Care Community (MC3) ikut workshop di Jakarta 4-5 Juli 2018.

Workshop ini digelar Asosiasi Advokasi Kanker Perempuan Indonesia (A2KPI) diikuti organisasi pemerhati kanker di Jakarta serta Makassar dan Bali.

Demikian ditegaskan Ketua MC3, Dr. Nurlina Subair, M.Si, Jumat (6/7/2018).

Acara dibuka oleh Dewi Asmara, anggota Komisi IX DPR RI. Nara sumber, Prof. Dr. dr. Soehartati Gondhowiharjo, SpRad (k), Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional.

Serta Prof. Dr. Hasullah Thabrani, MpH dan Jean Mossman seorang voluntier Kanker dari Inggris.

Ketua A2KPI, Aryanti Baramuli saat pembukaan mengatakan, perlu ada organisasi pasien kanker yang menyediakan landasan kerja sama bagi komunitas kanker.

Wadah itu perlu, guna menyampaikan satu suara, serta berfungsi sebagai sarana untuk mendorong upaya perbaikan dalam penangan kanker perempuan di Indonesia.

Organiasi A2KPI mengemban visi melakukan   advokasi kebijakan kanker perempuan.

Membawa misi meningkatkan upaya pencegahan dan pengobatan kanker perempuan, kanker payudara dan gine koloni, yaitu kanker serviks, ovarium dan uterus.

Tetapi paling utama adalah  menurunkan angka kematian akibat kanker perempuan di Indonesia.

Setiap tahun kasus penyakit kanker terus meningkat, begitu juga di Indonesia. Kasus kanker itu lebih banyak meninggal bila ditotal dari penyakit TBC, Malaria dan HIV/AIDS, tegas Dosen FKIP Unismuh Makassar ini.

Kasus kanker pada perempuan terbanyak pada payudara dan pada kanker pada pria yaitu kanker paru, tegas doktor sosiologi pembangunan PPs-UNM ini. (yahya)


Tidak ada komentar