Breaking News

Melalui Jalur Mandiri UNM Seleksi 5.972 Camaba



Lamellong.com, Makassar; -- Sebanyak 5972 calon mahasiswa baru (camaba) mengikuti seleksi masuk di Universitas Negeri Makassar (UNM) melalui jalur mandiri, Selasa (24/7/2018).

Pada kesempatan tersebut bersama rombongan pimpinan dalam lingkup UNM, Rektor UNM Prof. Husain Syam melakukan pemantauan pelaksanaan ujian untuk memastikan terselenggaranya pelaksanaan ujian jalur mandiri dengan baik.

Untuk lokasi tes tersebar du berbagai kampus. Kampus UNM Gunungsari, Parangtambung dan Gunung Sari Barat dengan melibatkan 150 pengawas ruangan.

"Tadi kami telah melakukan sebuah proses pengawasan yang berlapis, kenapa saya katakan berlapis karena ada pengawasan ruangan, ada pengawasan lokasi, dan juga ada pengawasan umum, ini untuk menjamin pelaksanaan ujian berjalan dengan baik, dan Alhamdulillah sampai sekarang ini berjalan dengan baik dan lancar. Mengapa tidak, ini merupakan pekerjaan atau tanggungjawab yang tiap tahunnya kami lakukan," tandas Rektor Husain Syam.

Untuk jalur Mandiri sendiri, kata rektor, terbagi 2 jalur, yaitu, Jalur Tes Tes Potensi Akademik dan Jalur Prestasi Hafidz Al Quran min 15 Juz atau Prestasi Juara Nasional dan Internasional.

Dimana pada Jalur Prestasi Hafidz Al Quran, lanjutnya, jumlah pendaftar sebanyak 23 pendaftar dan Juara Nasional serta Internasional 136 orang.

"Jalur prestasi merupakan kebijakan baru, tahun ini baru kami terapkan, karena memang baru tahun kemarin kami susun naskah akademiknya, ini bentuk penghargaan kami kepada putra-putri terbaik bangsa atas capaian prestasi yang mereka dapatkan," ungkapnya.

Adapun jumlah pendaftar di tiap fakultas baik melalui jalur mandiri TPA dan Prestasi Hafidz Al Quran min 15 Juz atau Prestasi Juara Nasional dan Internasional,
- Fakultas MIPA 654, Hafidz 1 orang, prestasi 5 orang.
- Fakultas Teknik 1028 orang, Hafiz 2 orang, Juara 48 orang
- Fakultas Ilmu Keolahragaan 542 orang, Hafidz 1orang , Juara 47 orang,
- Fakultas Bahasa dan Sastra 677 orang, Hafidz 11 orang, Juara 4 orang,
- Fakultas Ilmu Pendidikan 671 orang, Hafidz 1 orang, Juara 3 orang.
-Fakultas Ilmu Sosial 786 orang, Hafidz 0 orang, Juara 4 orang,
- Fakultas Psikologi 347 orang, Hafidz 4 orang, Juara 1 orang,
- Fakultas Seni dan Desain 175 orang, Hafidz 1 orang, Juara 10 orang,
- Fakultas Ekonomi 1092 orang, Hafidz 2 orang, Juara 14 orang.

Sehingga total keseluruhan 5.972, untuk jalur prestasi penghafal Alquran 23 pendaftar, dan jalur prestasi 136 pendaftar.

Pelaksanaan tes sendiri selama dua hari, yakni; tes TPA yang dilaksanakan pada Selasa, 24 Juli 2018 dan Rabu 25 Juli 2018 akan dilaksanakan Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi pada fakultas teknik, olahraga dan seni dan dilaksanakan pada fakultas prodi pilihan masing-masing.

Sekedar diketahui, hasil seleksi jalur mandiri akan diumumkan pada tanggal 1 Agustus 2018.

Dari kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) Jl. AP Pettarani Makassar, Selasa, 24 Juli 2018, demikian, Ka Humas UNM, Burhanuddin, memberitakan. (ibnu sultan)


Tidak ada komentar