Breaking News

Peduli Terhadap Pendidikan Guru dan Anak Guru, FKIP UNES Beri Keringanan Uang Kuliah


Para calon Mahasiswa FKIP UNES tahun akademik 2018/2019 tengah dilayani Panitia di  tempat Pendaftaran Mahasiswa Baru (Maba), Sabtu (14/7). (foto : dokumen kampus)


Lamellong.com, Padang; -- Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ekasakti (UNES) Padang Prof. Dr. Sufyarma Marsidin menyebutkan, penerimaan calon mahasiswa tahun akademik 2018/2019 bagi Guru dan Anak Guru diberikan keringanan  uang kuliah sebesar 50% dan dapat dicicil dua tahap. Tahap pertama saat pendaftaran dan tahap kedua sebelum Ujian Tengah Semester.

Hal ini diungkapkan ketika ditemui diruang kerjanya di FKIP UNES, Sabtu (14/7) kemarin.

Guru dan Anak Guru serta  calon mahasiswa lainnya juga diberikan kesempatan untuk memperoleh beasiswa Bidikmisi Kemenristekdikti dan beasiswa Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP) masuk FKIP UNES.

"Calon mahasiswa diberikan kesempatan memilih Program Studi (Prodi) Pendidikan sesuai dengan keinginannya," ujar Prof. Sufyarma Marsidin.

FKIP UNES mempunyai 4 Prodi, yaitu; Prodi Pendidikan Ekonomi (S1) Akreditasi “B”, Prodi Bahasa Inggris (S1) Akreditasi “B”, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) Akreditasi “B” dan Prodi Pendidikan Matematika (S1) Terakreditasi/Reakreditasi.

"Kita komitmen dengan visi dari Fakultas sebagai lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan yang unggul dalam pengembangan ilmu pendidikan dan keahlian bidang keguruan melalui perguruan tinggi di tingkat wilayah Sumatera pada tahun 2025," tandas Dekan FKIP UNES ini.

Masih kata Prof. Sufyarma, "Misinya menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran dan bimbingan secara efektif untuk menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional, unggul, mandiri, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia," katanya.

Selain itu, tambahnya, melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu kependidikan untuk mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran, agar mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan.

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat, lanjut guru besar UNES ini, dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

Bukan itu saja, kata Prof. Sufyarma Marsidin, juga mengembangkan ilmu dan pengetahuan, teknologi dan seni untuk menunjang pengembangan bidang kependidikan yang berlandaskan pada keimanan dan ketaqwaan. Kemudian mengembangkan dan meningkatkan jaringan kerjasama dengan stakeholders dan lembaga lain, baik nasional maupun regional.

FKIP UNES telah melakukan kerjasama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), setiap tahun melaksanakan Seminar Internasional yang diikuti 5 Negara yaitu UKM Malaysia, Hatyai University Thailand, Nasional University Vietnam, Mansoura University Mesir, Politeknik Sebrang Perai Penang Malaysia dan Indonesia.

Dikatakan, Tahun 2018 dilaksanakan di Politeknik Sebrang Perai Penang Malaysia, dan tahun 2019 mendatang  Universitas Ekasakti menjadi tuan rumah penyelenggara Seminar, kata Prof. Sufyarma Marsidin.

"Untuk pencapaian visi Fakulktas tahun 2025, pelaksanaannya kita bagi dalam 3 tahap,  jangka pendek (2015-2016), jangka menengah (2017-2019) dan jangka panjang (2020-2025)," jelasnya.

Sasaran dan Strategi pencapaiannya kata Prof. Sufyarma Marsidin, meliputi, Sasaran bidang pendidikan, pengajaran dan suasana akademik, Mahasiswa dan Lulusan, Sasaran bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama, Sasaran bidang Sumber Daya Manusia (SDM), dan Sasaran bidang sarana dan prasarana, serta Sasaran bidang tata kelola, keuangan dan aset.

Untuk strategi pencapaiannya, lanjutnya, "kita meningkatkan kualitas pendidikan, pengembangan strategi pembelajaran; Menciptakan suasana akademik yang kondusif; Mengevaluasi materi, silabus dan kurikulum secara berkala; Melakukan kegiatan penelitian sesuai dengan bidang ilmu menimal setiap semester; Melaksanakan kegiatan sosial dan keagamaan minimal satu kali dalam satu semester; Memfasilitasi dosen dan tenaga kependidikan untuk studi lanjut, minimal setiap tiga tahun, dan banyak lagi yang kita laksanakan," tambah Prof. Sufyarma Marsidin,.

Sekadar diketahui, FKIP UNES masih memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 sampai tanggal 10 September 2018, perkulihan dimulai tanggal 14 September 2018 mendatang.

Pendaftaran di Kampus Universitas Ekasakti Jl. Veteran Dalam No.26 Padang atau melalui Konsultan Akademik : Suparman Ibrahim (08126614056), Sumartono Mulyodihardjo (082385669192), Iyah Paniyah (Pascasarjana) (08126740735), Rina Asmeri (082387129500), Zemmi Prihadi (081267664831) dan Wawan Sumarno (Bidikmisi) 085266550798. atau melalui Website : www.univ-ekasakti –pdg.ac.id.  Uang kuliah sama dengan tahun lalu dan terjangkau oleh perekonomian masyarakat.

Dari kampus UNES Padang Sumatera Barat Jl. Veteran Dalam No.26 Padang, Sabtu, 14 Juli 2018, demikian, Ka. Humas UNES Padang, H. Syarifuddin, SE, M.Hum, memberitakan. (ibnu sultan)

Tidak ada komentar