Breaking News

Sasrani Mutrono, Perempuan Pertama Jadi Ketua BEM STIP Wuna Raha Sultra




Lamellong.com, Raha; -- Sosok seorang pemimpin biasanya identik dengan kaum laki-laki, di mana persepektif itu sudah lama melekat, karena sosok laki-laki dianggap mampu memimpin seseorang ataupun suatu kelompok.

Namun kini perspektif tersebut sudah tidak berlaku lagi di era milenial seperti sekarang ini, karena seorang pemimpin pun nyatanya bisa diemban oleh sosok seorang perempuan.

Seperti halnya sosok perempuan yang bernama Sitti Sasrani Mutrono Gufana yang mampu mematahkan perspektif tersebut, bahwa bukan hanya kaum laki-laki yang mampu menjadi seorang pemimpin.

Nyatanya, mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Wuna Raha Sulawesi Tenggara semester 8 Jurusan Budidaya Perairan ini bersama wakilnya Ahlan terpilih sebagai Ketua BEM STIP Wuna Raha periode 2017/2018.

Selain menjadi ketua BEM di kampusnya, wanita kelahiran Raha 04 Maret 1997 ini,  juga aktif diberbagai organisasi internal maupun eksternal, di antarnya; oragnisasi internanya yakni; Ketua HMPS BDP 2016/2017, Sekretaris DPM Transisi  STIP Wuna Raha 2017,  Ketua BEM STIP Wuna Raha 2017/2018

Sedangkan untuk organisasi eksternyanya, yakni; 1. Anggota Pengurus HIMAPIKANI Dewan Pengurus Wilayah (DPW) VI se-Sulawesi  tahun 2015/2016.

2. Anggota pengurus HIMAPIKANI Badan Pengurus Harian Pusat (BPHP) 2016/2018.

3. Koordinator Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Sulawesi Tenggara Tahun 2016.

4. Ketua KOHATI HMI cabang Raha Tahun 2017/2018.

5.Ketua Divisi Pemberdayaan Perempuaan Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) 2018

Pengalaman dan kecintaanya terhadap organisasi bukan hanya menjadikannya terpilih sebagai ketua BEM di kampus melainkan anak ke 4 dari 4 bersaudara ini juga terpilih sebagai KOHATI HMI cabang Raha tahun 2017/2018.

Ditanya mengenai motivasinya menggeluti dunia organisasi, anak dari pasangan Sanwar Kai dan Wa Ode Muntia Tagu, S.Hut mengatakan, motivasi ikut organisasi ingin membuktikan bahwa perempuan bisa menjadi pemimpin karena di kampus STIP ini, baru pertama kali perempuan jadi ketua BEM sejak tahun 1990 STIP Wuna berdiri, itulah alasan saya yang utama, jawabnya.

Dituturkan, motivasinya meggeluti dunia organisasi adalah untuk membentuk pola pikir yang baik, cari pengalaman, tutur Sasrani, sapaan akrabnya.

Meningkatkan komunikasi, tambahnya, belajar mengatur waktu dan memperluas jaringan serta latihan dunia kerja yang sesungguhnya dan menjadi kuat dalam menghadapi tekanan, ucap wanita yang hobi travelling itu.

Selain itu wanita yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan sebelum menjadi ketua Bem STIP Wuna Raha ini menjelaskan, saat ini ia memiliki anggota sebanyak 22 orang.

Dan adapun program kerja yang dilakuan, yakni;  Program Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM)) angkatan 1, Pertandingan Olahraga, Bermitra bersama pemerintah dan organisasi eksternal. Peringatan Hari-hari Besar Indonesia (Aksi Sosial), Hari lingkungan dan bumi. (penanaman mangrove dan reboisasi hutan), Bazar BEM STIP WUNA, Sosialisasi PKM, Bakti Sosial dan Kajian Islami serta yang belum terlaksana yakni; Perlombaan karya tulis Ilmiah, Perlombaan Pentas Seni.

Sasrani juga berharap ke depannya organisasi BEM STIP WUNA lebih berprestasi, inovasi dan kreatif di tingkat regional, nasional maupun internasional, tegas wanita yang berita-cita menjadi Pengusaha dan Pemimpin pemerintahan ini. (darsil).

Tidak ada komentar