Breaking News

Sosialisasi Reformasi Birokrasi PTN, UNP Hadirkan Sekjen Kemenristekdikti RI



Lamellong.com, Padang -- Universitas Negeri Padang (UNP) terus berupaya mewujudkan visinya menjadi salah satu universitas unggul di Asia Tenggara. Salah satu upayanya itu, menciptakan birokrasi yang profesional, bersih dan melayani. Untuk itu, Rektor UNP, Prof Ganefri, Ph.D mengundang Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti RI, Prof Ainun Na'im, Ph.D, MBA, Jumat (6/7).

"Sejak meraih Akdreditas A, tata kelola UNP sebagai BLU mengalami perubahan diantaranya efisiensi dan produktivitas lembaga terus dipacu," ujar Rektor UNP Prof Ganefri saat membuka Kuliah Umum Reformasi Birokrasi bersama Prof. Ainun Na'im.

Menurut Rektor UNP itu, Untuk menciptakan birokrasi yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara, Universitas Negeri UNP perlu menyelenggarakan Kuliah Umum Reformasi Birokrasi, Jumat (6/7).

"Kehadiran Pak Sekjen Kemenristekdikti RI, Prof. Ainun memang diharapkan sekali, Alhamdulillah dari beberapa kali kami mengkomunikasikan, hari ini beliau berkesempatan hadir," ujar Prof. Ganefri.

Pada kesempatan itu, Prof. Ainun Na'im memaparkan masalah birokrasi di PT, di antaranya; organisasi di sebagian PTN terlalu besar, perlu perbaikan Organisasi Tata Kerja. Kedua, proporsi dosen yang menjabat struktural di PTN relatif besar, ketiga, proporsi SDM Non-Akademik yang relatif besar dan keempat adalah inefisiensi, produktivitas dan kualitas yang rendah serta yang kelima adalah penggunaan sarana bersama belum optimal.

Menurutnya, dalam mewujudkan PTN kelas dunia, mesti didukung oleh SDM yang profesional dan berintegritas tinggi yang mampu menyelenggarakan pelayanan prima kepada masyarakat dan manajemen PTN yang demokratis agar mampu menghadapi tantangan pada abad ke-21 melalui tata PTN yang baik pada tahun 2025.

Kuliah umum itu, selain pimpinan Dekan se-lingkungan UNP juga turut hadir pejabat tenaga kependidikan. Hadir juga Dewan Pengawas dan Pimpinan Senat UNP.

Dari Kampus UNP Jl. Prof. Hamka Air Tawar Padang, Jumat, 6 Juli 2018, demikian, Humas UNP, Agusmardi, memberitakan. (ibnu sultan)

Tidak ada komentar