Breaking News

STISIP Veteran Palopo Visitasi Akreditasi Institusi BAN-PT pada 11-13 Juli 2018




Laporan : Nirwan

Pengurus Pers Mahasiswa Universitas Sawerigading Makassar


Lamellong.com, Makassar; -- Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Veteran Palopo akan segera divisitasi institusi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Demikian dikatakan Ketua STISIP Veteran Palopo Dr. Ilyas, MH kepada media, Rabu (4/7/2018).

BAN-PT akan melaksanakan asesmen lapangan terhadap STISIP Veteran Palopo pada tanggal 11-13 Juli 2018 mendatang.

Ada dua tim asesor yang akan turun melakukan visitasi, yakni; Prof. Dr. Hafied Cangara, M.Sc. dari Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar dan Dr. Bambang Tri Harsanto, M.Si. dari Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto Jawa Tengah.

"Kami berharap hasil visitasi ini dapat membuahkan hasil kampus dapat meraih akreditasi institusi nilai B, dengan pertimbangan akreditasi prodi telah mendapatkan nilai B" ujar mantan Wakil Rektor III Unsa Makassar ini.

STISIP Veteran Palopo telah mempersiapkan semua persyaratan penunjang akreditasi institusi.

Proses Akreditasi institusi ini, ada 7 standar yang dipersiapkan, yakni; Standar 1.  Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian, Standar 2.  Tata pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan mutu, Standar 3. Mahasiswa dan Lulusan, Standar 4.  Sumber daya manusia.

Standar 5. Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik, Standar 6. Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, serta Sistem Informasi dan Standar 7. Penelitian, Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama.

Dari 7 standar tersebut, ada standar yang paling menyita waktu,  yaitu, standar 2 yang menyangkut Tata pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan mutu. ungkap doktor hukum PPs-UMI Makassar ini.

Melihat sumber daya dosen STISIP Veteran Palopo menjadi urutan ketiga dalam peringkat kelembagaan PTS se-Luwu Raya.

Itu berarti, bahwa sumber daya dosen yang dimiliki STISIP Veteran Palopo sangat memadai.

Karena dari 52 sumber daya dosen semua telah berjenjang pendidikan S2 dan 8 dosen berjenjang pendidikan S3 dan 5 dosen melanjutkan pendidikan S3 di Universitas Negeri Makassar (UNM), tandasnya.

"Kami berharap, STISIP Veteran Palopo dapat meraih akreditasi institusi dengan nilai B sehingga ke depannya menjadi sekolah tinggi yang kompeten dalam bidang keadministrasian di Luwu Raya dan sekitarnya," harap Ilyas.

Tidak ada komentar