Breaking News

Tetapkan Sekolah Ramah Anak, Menteri Yohana Anugerahkan Penghargaan kepada MAN 1 Soppeng



Lamellong.com, Surabaya; -- Sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Soppeng setelah meraih dua buah penghargaan, yakni; Kabupaten Soppeng ditetapkan sebagai Kabupaten Layak Anak Tahun 2018 dan MAN 1 Soppeng  telah ditetapkan Sebagai salah satu Sekolah Ramah Anak (SRA) terbaik tahun 2018.

Penghargaan itu diserahkan secara langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PP dan PA) Yohana Yembise kepada Kepala MAN 1 Soppeng Musmuliadi, S.Ag., M.A pada acara Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2018 digelar di Dyandra Convention Center, Jln. Basukİ Rahmat No. 105, Surabaya Senin, (22/7).

Penganugrahan penghargaan itu disaksikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Soppeng, Dra. Hj. A. Nurlina, MM, mewakili Bupati Soppeng.

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri dan beberapa Deputi Kementerian PP & PA, Menteri Agama diwakili direktur KSKK Madrasah pada Dirjen Pendidikan Islam, beberapa gubernur, walikota/bupati, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, Kepala Dinas PP & PA Provinsi dan Kabupaten/Kota, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan beberapa Kepala Sekolah/Madrasah terpilih.

Peringatan ini mengusung tema, Hari Anak Indonesia ANAK INDONESIA ANAK GENIUS, (Gembira, Empati, Berani, Unggul Sehat, Sehat).

Menteri PP dan PA dalam sambutannya menyampaikan, "pemberian penghargaan dan penganugerahan yang dilakukan ini merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi kami atas segala jerih payah dalam upaya memenuhi amanat konstitusi, yakni upaya pemenuhan hak anak.

Dikatakan, sejak pemerintah meratifikasi Konvensi Hak Anak melalui Keppres Nomor 36 Tahun 1990, negara berkewajiban memenuhi semua hak anak, melindungi anak, dan menghargai pandangan anak sebagaimana tercantum dalam konvensi tersebut.

Pemberian penghargaan ini membawa kebanggaan tersendiri.

 "Namun saya mengingatkan hal ini, bukan menjadi tujuan akhir. Justru dengan adanya penghargaan ini, saya berharap para Bupati/Walikota lebih meningkatkan perhatian terhadap masalah tumbuh kembang dan perlindungan anak di wilayahnya masing-masing, semoga penghargaan ini menjadi inspirasi dan memacu kabupaten/kota lainnya untuk segera mengikuti," harapnya.

Menteei Yohana juga tak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan. "Saya mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih.

Menyeri PP dan PA menitipkan pesan kepada kabupaten/kota yang belum memperoleh penghargaan.

Saya menitipkan pesan, segera berbenah, realisasikan, dan implementasikan semua hak anak melalui kebijakan, program, dan kegiatan yang secara langsung menyentuh dan melibatkan anak agar mereka secara langsung merasakan manfaatnya sehingga kita bisa mempersiapkan generasi penerus yang handal dan berkualitas sebagai calon pemimpin masa depan bagi bangsa Indonesia," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Soppeng saat dikonfirmasi mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil jerih payah semua pihak dan ini tidak instan, melalui proses yang panjang dan lama.

"Ini adalah kerja keras kita semua baik pemerintah, Bupati, Kepala Dinas PP & PA Kab. Soppeng, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, Kabid Pendidikan Madrasah, Kepala Kantor Kemenag Kab. Soppeng, Kasi Penmad, Pengawas Madrasah, segenap civitas akademika MAN 1 Soppeng, komite, para alumni, dan masih banyak lagi yang lain yang tidak dapat saya sebut satu persatu, kesemuanya bersinergi, bersatu padu, bahu membahu sehingga menghasilkan prestasi ini, kata Kepala Madrasah (Kamad) ini.

Dikatakan, penghargaan ini menjadi bukti jika madrasah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata dalam hal prestasi, baik akademik maupun non akademik. Apalagi tagline sekarang ini "MADRASAH HEBAT BERMARTABAT" menjadi spirit tersendiri bagi kami," katanya.

Jika dulu MAN 1 Soppeng tidak terlalu diminati, tambah Kepala MAN 1 Soppeng ini, akan tetapi sangat berbeda dengan kondisi sekarang, hal ini terlihat dari animo masyarakat yang begitu besar terhadap MAN 1 Soppeng, seperti jumlah siswa yang membludak pada tahun ini sehingga memaksa kami untuk membuka satu rombel kelas baru," kenangnya.

Tampak di acara peringatan itu, kalau prestasi MAN 1 Soppeng sangat diapresiasi oleh Direktur KSKK yang turut hadir mewakili Menteri Agama RI dalam penyerahan Piagam Penghargaan SRA ini dan berjanji akan memberikan bantuan pembangunan Gedung Pusat Kreatifitas Anak serta beberapa sarana pendukung lainnya di MAN 1 Soppeng.

Untuk diketahui, Penghargaan SRA ini hanya diberikan kepada sekolah yang mampu menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, aman, ramah, İndah, inklusif, sehat, asri dan nyaman, untuk anak dan warga sekolah lainnya, serta mampu menciptakan budaya sekolah yang peka terhadap kepentingan terbaik bagi anak.

Dalam syarat tersebut ada beberapa sekolah di Sulsel yang memperoleh penghargaan. Dan berdasarkan hasil verifikasi lapangan dan rapat tim juri, beberapa hari yang lalu maka ditetapkan MAN 1 Soppeng, SMKN 1 Bantaeng dan SMA 3 Makassar sebagai penerima penghargaan SRA terbaik Tahun 2018 untuk Tingkat MA, SMK dan SMA. Terdapat 19 sekolah mulai dr SD/MI, SMP/MTS,SMA/SMK/MA se Indonesia yang diverifikasi, hanya ada dua MAN.

Semoga ke depan banyak sekolah/madrasah yang terinspirasi untuk melakukan gerakan perubahan ini, menjadikan sekolah yang ramah terhadap anak sekaligus menjadikan sekolah sebagai rumah anak sehingga anak akan lebih betah di sekolah dan merasa nyaman dalam proses belajar mengajar.

Dari Dyandra Convention Center, Jln. Basukİ Rahmat No. 105, Surabaya Senin, 22 Juli 2018, demikian Humas MAN 1 Soppeng, memberitakan. (usa)



Tidak ada komentar