Breaking News

Bakar-bakar Ikan, Akhiri Kegiatan KKN PPM UNM 2018 di Tellulimpoe



Lamellong.com, Soppeng; -- Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Negeri Makassar (KKN PPM UNM) 2018 yang ditempatkan di Desa Tellulimpoe Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng akhirnya telah merampungkan programnya.

Hal tersebut terungkap dalam seminar akhir mahasiswa KKN tersebut, digelar di ruang pertemuan Kantor Desa Tellulimpoe pada Sabtu, 25 Agustus 2018 sekira pukul 21.00 hingga selesai.

Hadir pada seminar itu, Dosen Pembimbing, Rahmansah, S.Pd., M.T dan 31 mahasiswa KKN PPM UNM, Kades Tellulimpoe Darwis, S.IP beserta jajarannya dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Laporan Korcam KKN UNM Abd. Majid Saharuddin (Fakultas Psikologi) pada seminar itu memaparkan seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan, baik kegiatan kelompok maupun individu.

Selain program pendidikan, penyuluhan dan sejumlah kegiatan lainnya, juga program Teknologi Sumut Bor Sistem Pipa Imbuh untuk Air Bersih.

Sebelumnya, pada seminar tersebut, Kades Tellulimpoe Darwis mengapresiasi segala kegiatan mahasiswa KKN meski baginya, dengan waktu 45 hari bukanlah cukup lama. Meski sesingkat ini, kenangan yang diukir tak dapat dinilai dengan uang. Soalnya, kata Kades ini mengungkapkan, sejumlah kegiatan yang dilakukan baik melibatkan masyarakat maupun staf di kantornya menjadi spirit dalam menjalankan aktifitas kemasyarakatan di desa ini.

Dengan sumur bor sistem pipa imbuh untuk air bersih bagi Kades Tellulimpoe, bukan hanya penting tetapi sudah menjadi kebutuhan masyarakat di desa ini,

Dosen Pembimbing Rahmansah pada kesempatan itu mengungkapkan, program mahasiswa yang telah dilaksanakan baik fisik maupun non fisik bagi dosen pembimbing ini, program ini telah selesai. Soal berhasil atau tidak berhasil dan bermanfaat atau tidak bermanfaat, kembali kepada penilaian masyarakat setempat, kata Rahmansah.

Program induk, lanjut Dosen Pembimbing ini, Penerapan Teknologi Sumur Bor Sistem Pipa Imbuh untuk Air Bersih, yang paling penting adalah pemeliharaan dari user atau masyarakat setempat.

Rahmansah juga mengapresiasi mahasiswa yang telah berkreasi membantu pengadaan kantor desa seperti papan nama kantor.

Rahmansah selain berterima kasih kepada pemerintah juga kepada masyarakat setempat atas pelayanannya selama mahasiswanya di desa ini.

Acara berakhir dengan bakar-bakar ikan di depan Kantor Desa Tellulimpoe. Tampak mahasiswa KKN berbaur dengan masyarakat setempat menandai perpisahannya di kegiatan bakar-bakar ikan ini.

Diketahui, 2 dosen pembimbing KKN PPM UNM di kegiatan itu, yakni; Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf, M.T. dan Rahmansah, S.Pd., M.T.
dengan 31 mahasiswa dari Fakultas Psikologi, Bahasa, Ekonomi, MIPA, dan Olahraga. (usa)


Tidak ada komentar