Breaking News

Ketua Umum HMI Cab. Jayapura : HMI Berkomitmen Aktip Mencerdaskan Kehidupan Bangsa



JAYAPURA.LAMELLONG.COM : - Basic Training (Bastra) atau Latihan Kepemimpinan I (LK I) adalah bentuk konsistensi HMI dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya generasi muda Islam. Itulah jiwa dan roh idealisme HMI. Olehnya, HMI Cab. Jayapura akan terus berbakti pada Bangsa dalam segmen melahirkan kader pemimpin bangsa yang memilki kualitas sebagai insan akademis, pencipta, pengabdi serta kualitas taqwa yang akan dihibahkan untuk kemajuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khusus mahasiswa islam di Papua khususnya di Jayapura.

Demikian orasi Muh. Sabda Nawarisa, Ketua Umum HMI Cab. Jayapura saat menutup Bastra atau LK I HMI Komisariat FISIP dan FKIP Univ. Cenderawasih serta Komisariat Univ. Sains dan Teknologi Jayapura, Angkatan 83 yang berlangsung di Wisma Ihsan Soccer, tanggal 26 - 31 Agustus 2018.

Lebih lanjut Sabda menegaskan, "tentu, HMI merupakan organisasi perkaderan maka training atau pendidikan formal di HMI yaitu LK I (Basic Training), LK II (Intermediate Training) dan LK III (Advance Training) merupakan training formal di HMI dan sejumlah Training Non Formal lainnya, yang mana untuk menyiapkan generasi pemimpim kedepan, dan berharap semoga mahasiswa yang telah lulus di Bastra angkatan 83 tahun 2018 ini, kelak memiliki kapasitas leadership, baik memimpin diri sendiri, keluarga dan yang lebih luas lagi adalah sebagai pemimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia", tandasnya.

Training yang dilaksanakan selama 5 hari ni dapat menambah bekal bagi anggota baru HMI, yakni memiliki pengetahuan dasar (basic knowledge) yang akan menopang sikap terpuji (ahlak mulia) serta menopang kapasitas intelektualnya, dan tentu saja mumpuni sebagai bekal dalam aktifitas di 'dunia' kemahasiswaan di kampus maupun di lingkungan masyarakat". Harapnya.

Bagi Himpunan Mahasiswa Islam, sudah terdefinisi sebagai kader umat dan kader bangsa dengan semangat Yakin Usaha Sampai. Jayalah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jayapura, Jayalah Korps HMI- Wati (KOHATI). Tandas Ketum HMI Cab. Jayapura.

Ketua Umum HMI Cab. Jayapura menyalami Husnul Anugerah, anggota baru HMI Cab. Jayapura. 

Pada kesempatan yang sama, Ridho Conoras, Ketua Panitia Pelaksana (OC) LK I HMI Cabang Jayapura, Angkatan 83 kepada lamellong.com menyatakan bahwa "Bastra ini terlaksana sebagai wujud kepedulian HMI akan masa depan bangsa, olehnya dukungan dari para alumni akan selalu menjadi faktor utama, selain usaha yang dilaksanakan oleh panitia". Ungkap Ridho.

Ridho yang mengkoordinir Panitia, menyatakan bahwa kami mengangkat tema "Terbinanya kepribadian muslim yg berkualitas akademis, sadar akan fungsi dan peranannya dalam berorganisasi serta hak dan kewajiban sebagai kader umat dan kader bangsa” karena kami ingin melahirkan kader-kader sosial yang peka terhadap perjuangan umat dan bangsa. Tandasnya.

Semoga tujuan LK I ini, yaitu adalah untuk melahirkan pemimpin-pemimpin yang enerjik, kreatif, serta inovatif dan berjiwa sosial untuk  kemaslahatan dapat menjadi modal utama bagi kader baru HMI". Tegas Ridho.

Peserta Bastra yang dinyatakan lulus sebanyak 41 dari 46 orang yang mengikuti proses training. (***)

Kontributor : Husnul Anugerah
Editor : Hidayat

Tidak ada komentar