Breaking News

Universitas Puangrimaggalatung Pertama di Kawasan Bosowasi



Lamellong.com, Wajo; --  Impian masyarakat Wajo dan sekitarnya akan kehadiran universitas dalam waktu dekat akan segera terealisasi.

Sedikitnya ada lima sekolah tinggi akan disatukan dan beralih nama menjadi Universitas Puangrimaggalatung (Uniprima) Sengkang. Perguruan tinggi itu, yakni; STIA Puangrimagglatung, STKIP Prima, STIP Prima, Stikes Prima dan Akbid Prima.

Kehadiran Uniprima ini akan tercatat dalam sejarah selaku universitas pertama di kawasan Bosowasi (Bone, Soppeng, Wajo dan Sinjai).

Surat persetujuan penggabungan jadi universitas telah dikeluarkan oleh Kemenristekdikti dengan nomor: 3163/C.C4/KL/2018, ditandatangani Direktur Jenderal, Patdono Suwignjo tertanggal 6 Agustus 2018.

Demikain ditegaskan Ketua Panitia Penyatuan Sekolah Tinggi Jadi Universitas, Prof. Dr. H. Imran Ismail, M.S kepada media, Selasa (7/8/2018) di Makassar.

Dijelaskan, rencana perubahan status dari sekolah tinggi menjadi universitas dari Yayasan Perguruan Puangrimaggalatung Sengkang, sudah cukup lama digagas. Tetapi kendala utama pada ketersediaan sumber daya manusia dosen dalam membuka prodi baru, kata alumni IKIP Ujung Pandang ini.

Awal tahun 2018 sumber daya dosen yang jadi kendala sudah dapat terpenuhi sehingga proses pengurusan izin perubahan itu dijalani. Rencana universitas baru  ini mengakumulasi 5000 mahasiswa dengan 200 sumber daya dosen.

Penyatuan kampus jadi Uniprima bagi yayasan bagian dari efesiensi pengelolaan serta orientasi pada pembangunan masyarakat lokal sektor pertanian di Wajo dan sekitarnya. Sisi lain juga tuntutan dari alumni dan stakholder lainnya akan kehadiran universitas di Wajo, tegas mantan Ketua STIA Prima Sengkang ini.

Sesuai surat rekomendasi dari Kopertis IX Sulawesi, No: 3932/K9/KK.02/2018 tentang penyatuan dan penggabungan jadi Uniprima dengan 11 prodi yakni; S2 Ilmu Administrasi, S1 Administrasi Negara, S1 Administrasi Pendidikan, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, ungkap Doktor Administrasi Publik PPs-UNM ini.

Selain itu ada juga S1 Agribisnis, S1 Agroteknologi, S1 Keperawatan, D3 Administrasi Niaga dan D3 Kebidanan.

Ada juga tiga prodi baru yang diusualkan, yakni; S1 Akuakultur, S1 Manajemen Sumber Daya Perikanan dan S1 Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak. (yahya)   

1 komentar:

  1. Alhamdulillah. Usaha Prof. Membuahkan hasil menjadikan Yayasan Perguruan Puangrimaggalatung Universitas. Sukses Prof

    BalasHapus