Breaking News

2.537 Mahasiswa Baru UNES-AAI Ikuti PKKMB


Mahasiswa Baru UNES-AAI Padang diabadikan bersama Plt. Rektor Unes, Ketua YPTP Kepala LLDIKTI Wilayah X, Pejabat Kemenhan Sumbar, Kepala BNN Sumbar, Wakil Rektor 1, 2 dan 3 serta pejabat dilingkungan UNES-AAI Padang, Sabtu (15/9) di tangga Auditorium Universitas tersebut.


Lamellong.com, Padang; -- Sebanyak 2.537 mahasiswa baru Universitas Ekasakti - Akademi Akuntansi Indonesia (UNES-AAI) Padang ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus  bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2018/2019 selama 2 hari, tanggal 15 hingga 16 September 2018.

PKKMB ini dibuka secara resmi oleh Plt. Rektor UNES Padang, Dr. Otong Rosadi, S.H, M.Hum di Auditorium UNES Jl. Veteran Dalam No. 26 Padang Sumatera Barat, Sabtu, 15 September 2018.

Pada Kegiatan PKKMB itu mahasiswa baru dibekali dengan materi Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Prof. Dr. Herri, S.E, MBA, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Kolonel Inf  Chairul Mustafa, S.Sos, M.Si, Pencagahan dan Penanggulangan Bahaya Narkoba oleh Kepala BNN Provinsi Sumatara Barat diwakili Kasi Dayamas BNN Elmalia, SH.

Dalam sambutannya, Plt. Rektor UNES ini mengatakan, Universitas Ekasakti Padang berawal dari Akademi Akuntansi Indonesia (AAI) Padang dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), tahun 1984 berdiri Unes.

Saat ini Unes memiliki 7 Fakultas dan 2 Program Diploma III. Dan komit dengan visi kampus serta berpartisipasi akatif dalam pembangunan bangsa berkelanjutan.

Mahasiswa Baru UNES-AAI Padang tahun akademik 2018/2019 berasal dari Sabang sampai Merauke, seperti Papua, Sulawesi, Kalimantan, Jawa dan Sumatera, keseluruhannya berjumlah 2.537 mahasiswa baru.

"Kita bangga lulusan UNES—AAI banyak menduduki jataban penting di Pemerintahan dan Lembaga Legislatif," ujar Plt. Rektor UNES Padang ini Dr. Otong Rosadi, S.H, M.Hum.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP) Henry Mappesona, M.Sc menyebutkan, jika pihaknya yakin dengan potensi dan kekuatan yang dimiliki, seperti mempunyai bakat, talenta, kecerdasan di intelektual, berbakat bisnis, olahraga dan seni.

Menurutnya, Bakat tak akan menonjol atau terpendam jika tidak diasah, difasilitasi dan ditumbuhkembangkan.

Masih kata Henry Mappesona, Penelitian dan penulisan, memiliki nilai dan seni serta kemampuan analisis untuk mewujudkan sebuah karya tulisan, kreatif menghasilan inovasi, mengasah potensi melalui metode pembelajaran yang mutakhir, menggunakan ilmu pengetahuan dan mengaplikasikan dalam kehdidupan untuk mencari tujuan dan cita-cita.

Kampus, lanjutnya, adalah sebuah model dari simulsi masyarakat yang ideal diterapkan dalam kegiatan sosial dalam kampus, beragam suku dan daerah asal dari Sabang sampai Merauke ada di Kampus dilatih untuk bersikap toleransi, saling menghargai sehingga menjadi sebuah suasana pembelajaran yang positif.

Di Kampus, ungkap Henry Mappesona, ada nilai-nilai kehidupan yang menyatukan, ada statuta kampus, ada kode etika kampus ada organisasi dan ada kehidupan. Kampus adalah miniatur masyarakat, karena Tri Dharma Tinggi yang ketiga adalah Pengabdian kepada Masyarakat. Melalui tiga dharma mahasiswa sebagai manusia pembelajar diharapkan menjadi “sarjana” dan mempunyai pandangan jauh ke depan.

Pada acara pembukaan PKKMB ini juga dilakukan penyerahan Beasiswa Bidikmisi Kemendikti RI oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilasyah X Prof. Dr. Herri, SE, MBA kepada Plt. Rektor UNES Dr. Otong Rosadi, M.Hum. selanjutnya diserahkan kepada  Mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Lalu, juga pemberian Sertifikat kepada Nara Sumber  Kolonel Inf. Chairul Mustofa, Elmalia, Prof. Dr. Herri dan Moderator Dr. Sumartono Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNES.   

Wakil Rektor III UNES Mahmud R Bara mengatakan, kegiatan PKKMB ini mempercepat adaptasi dengan lingkungan baru, peserta didik yang melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan tinggi, akan merasakan berbagai perbedaan cukup senifikan bila dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya, baik aspek akademik maupun aspek sosial budaya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang dilaksanakan insan perguruan tinggi untuk mensosialisasikan kehidupan di kampus dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya oleh unsur Universitas, Fakultas, Program dan Akademi dengan  melibatkan civitas akademika lainnya, kata Mahmud.l R Bara.

Dari Auditorium UNES Jl. Veteran Dalam No. 26 Padang Sumatera Barat, Sabtu, 15 September 2018, demikian Ka Humas UNES Padang, H. Syarifuddin, SE, M.Hum, mengabarkan. (ibnu sultan)



Tidak ada komentar