Breaking News

Pertanian Unhas Terima Kembali Mahasiswa Peserta Program SUIJI di Jepang



Lamellong.com, Makassar; -- Fakultas Pertanian Unuversutas Hasanuddin (Unhas) mengadakan welcome party  bagi rombongan 20 mahasiswa Ehime University akan melakukan studi banding di Makassar dan Toraja.

Juga dirangkaikan  syukuran atas kembalinya 15 mahasiswa Unhas dari Jepang yang mengikuti Program SUIJI, Kamis (13/9/2018) di Fakultas Pertanian Unhas Tamalanrea.

Demikian ditegaskan Wakil Dekan (WD) Bidang Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Unhas, Dr. Ir. Novaty Eny Dungga, M.P, Kamis (13/9/2018)

Mahasiswa Unhas terdiri dari sepuluh dari Fakultas Pertanian, dua dari Fakultas Kehutanan, satu dari Fakultas Peternakan, satu Fakultas Perikanan dan Kelautan serta satu  dari Fakultas Kedokteran, katanya.

Program SUIJI (Six University Indonesia Japan Initiatives) 2018 berlangsung 3 minggu (17 Agustus-3 September 2018) pada 7 lokasi lapangan dari 3 Universitas di Jepang.

Peserta SUIJI 2018 adalah mahasiswa S1 dari 6 universitas anggota SUIJI, yaitu: UGM, IPB, Unhas, Ehime University, Kagawa University dan Kochi University) total peserta sekitar 90 orang, di antaranya 40 mahasiswa dari Indonesia, tegasnya.

Peserta kegiatan itu, para mahasiswa dari masing-masing universitas  tinggal bersama, baik di daerah pedesaan Jepang maupun di Indonesia.

Mereka akan melihat langsung masalah-masalah aktual yang terjadi di daerah tersebut, kemudian secara bersama mengkaji, menganalisis serta mencoba memberikan alternatif pemecahan masalahnya, ungkapnya.


Dari pengalaman didapatkan selama mengikuti kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat belajar sebagai calon pemimpin yang berjiwa pelayan dan berwawasan global.

Menjadi anak bangsa yang dapat selalu berkonstribusi nyata kepada masyarakat sekitarnya dengan berwawasan internasional di masa depan, tandasnya.

Program ini melibatkan staf dosen dan tenaga administrasi, yang memiliki pengetahuan, kemampuan dan penguasaan yang baik mengenai Indonesia dan Jepang.

Dari segi bahasa, budaya, pendidikan maupun penelitian, untuk mendukung kelancaran pengelolaan kegiatan, sistem kurikulum, administrasi penerimaan dan pengiriman mahasiswa.

Sistem penilaian dan sertifikasi serta mendukung proses pembelajaran mahasiswa.

Diharapkan ke 15 mahasiswa Unhas yang telah mengikuti Program SUIJI ini dapat memanfaatkan pengalaman belajar tersebut sebagai bekal menjadi pemimpin yang berjiwa pelayan di masa mendatang.

Acara ini dihadiri  Prof. Hiroki Kasamatsu, Prof. Motoko Shimagami dari Jepang, Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof. dr. Budu, Sp.M(K), M.Med.

Pihak SUIJI Indonesia diwakili oleh Prof, Dr. Ir. Agnes Rampisella, M.Sc. serta  beberapa dosen Fakultas Pertanian Unhas. (ma'ruf)


Tidak ada komentar