Breaking News

Lukman Daris WR IV Universitas Cokroaminoto Makassar Terbitkan Buku



Lamellong.com, Makassar; -- Wakil Rektor IV Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM), Bidang Pengembangan dan Kerja sama, Dr. Lukman Daris, S.Pi, M.Si, menerbitkan buku teks dengan judul, Dinamika Sosial Masyarakat Pesisir.

Dikatakan, buku setebal 201 halaman ini mengulas soal bentuk interaksi sosial masyarakat nelayan dalam memanfaatkan sumber daya perikanan tangkap, katanya, Rabu, 5 September 2018.

Dijelaskan, awalnya interaksi masyarakat nelayan didasari pada kepatuhan kearifan lokal, kata Ketua Tim Pengembangan dan Kerja Sama UCM ini.

Tetapi kenyataan sosial mengalami perubahan jadi masyarakat berkompetisi memperebutkan sumber daya perikanan akibat introduksi teknologi penangkapan.

Kelembagaan lokal yang berperan dalam pengelolaan dan pemanfatan sumber daya perikanan tangkap cukup efektif menyelesaikan konflik, kata Dosen Dipekerjakan LLDIKTI IX Sulawesi di UCM ini.

Tetapi sifatnya belum mampu sepenuhnya mengantisipasi dan meredam untuk terjadinya konflik berulang, tandas doktor sosial ekonomi perikanan PPs-Unhas 2011 ini.

Pada sisi lain eksistensi peran kelembagaan lokal yang terintergratif harus mendapat penguatan dalam merevitalisasi dan memelihara akuntabilitas lembaga lokal, tegas mantan Kepala Bidang Perikanan dan Kelautan DKPK Kabupaten Maros 2010-2015 ini. (nasrullah)


Tidak ada komentar