Breaking News

Mahasiswa UTP Malaysia dan Jurusan Fisika UNP, Exchange Collaboration Program



Lamellong.com, Padang; -- Tak ada kata puas bagi mahasiswa dan civitas akademika Jurusan Fisika Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat Indonesia dan Departemen Geosains University Teknolgi Petronas (UTP) Malaysia. Seusai Exchange Collaboration Program, kegiatan lanjutan joint Riset, joint kurikulum, join publikasi dan penjajakan kerjasama antara UTP dan UNP.

Kamis (6/9) siang, Wakil Rektor 4 UNP, Prof. Syahrial Bakhtiar memberikan sambutan dan pengarahan dalam opening serimoni Exchange Collaboratorium Programme University Teknologi Petronas (UTP) Malaysia dengan Jurusan Fisika UNP.

“Indonesia, melalui UNP, memiliki sejarah panjang dalam mendukung ilmu pengetahuan, teknologi, dan penelitian inovatif di Malaysia. Kami bangga dengan kedatangan 20 mahasiswa UTP dalam program kolaborasi ini,” kata WR4 UNP, Kamis (6/9).

Dikatakan, Kolaborasi Jurusan Fisika dengan Departemen Geosains UTP meningkatkan kapasitas institusi pendidikan tinggi di kedua negara untuk menemukan solusi bagi tantangan pembangunan yang paling mendesak di masa mendatang, yakni tantangan Revolusi Industri 4.0.

Setiap perguruan tinggi, lanjutnya, jurusan atau program studi perlu meningkatkan network internasionalisasi, seperti kegiatan exchange collaboration program ini. Hal ini dapat mempererat rasa persahabatan kedua pihak dan dapat merperkuat rasa kebangsaan sebagai bangsa yang serumpun.

Sebelumnya, Ketua Jurusan Fisika, Dr. Ratnawan, mengucapkan Selamat Datang di kampus UNP. Kegiatan ini sangat relevan dengan visi dan misi Jurusan Fisika khususnya misi ke-5 yaitu tentang kerjasama di mana kegiatan exchange colaboration programe disamping dapat meningkatkan hubungan internasional antara UTP dan UNP khususnya departement of geoscience UTP dengan fisika, juga dapat menjadi ajang berbagi informasi riset, teknologi dan mendiskusikan program kolaborasi jangka panjang seperti joint kurikulum, joint riset, joint publikasi dan banyak lagi untuk kemajuan kedua universitas dan jurusan.

Seusai pembukaan, para dosen-dosen Jurusan Fisika terlibat sebagai pemateri Short Course, di antaranya; Dr. Ahmad Fauzi, M.Si bidang Metode Gravity, Dr. Hamdi Rifai, M.Si bidang kemagnetan batuan, Syafriani Binti Ali Umar, Ph.D bidang metode seismik, Yohandri Azwiri, Ph.D bidang georadar dan Drs. Mahrizal M.Si bidang metode resistivity.

Kegiatan direncanakan berlangsung dari Kamis hingga Ahad (6-9/9) mencakup kuliah umum bersama Dr. Mohd Suhaili Ismail dari Dept of Geoscience UTP dan Kursus ringan serta Kunjungan Labor. Kegiatan berlanjut pada penjajakan MoU antara kedua PT.

Ketua pelaksana Dr. Ahmad Fauzi didampingi  sekretarisnya Rio Anshari, menjelaskan soal kegiatan ini.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua UPT Layanan Internasional UNP Ananda Putra, Ph.D, Wakil Dekan 1 FMIPA UNP Dr. Yulkifli,sekaligus membuka acara.

Dari kampus UNP Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang, Kamis, 6 September 2018, demikian, Humas UNP, Agusmardi, memberitakan. (ibnu sultan)


Tidak ada komentar