Breaking News

Padamkan Kebakaran Buludua Lawo, Dandim Koordinasi Instansi Terkait



Lamellong.com, Soppeng; -- Hutan di Buludua Lawo Kelurahan Lapajung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng terbakar. Kebakaran ini terjadi pada Senin, 10 September 2018. Kebakaran dipantau pada pukul 18.00 WITA.

Kebakaran ini menghanguskan tumbuhan yang hidup di atas permukaan gunung itu bernama Buludua sekitar 4 Ha.

Kebakaran tersebut terjadi di lereng ketinggian yang membakar hutan campuran. Lokasi kebakaran jauh dari pemukiman warga.

Penyebab kebakaran diduga adanya unsur kesengajaan yang dilakukan masyarakat karena ditemukan ada beberapa titik api yang terpisah-pisah.

Dari kejadian tersebut Babinsa setempat bersama Damkar dan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Soppeng berusaha mencapai ketinggian lokasi kebakaran untuk memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya dan api dapat dipadamkan pada Pukul 21.15 WITA.

Sebelumnya, mengetahui  hutan di gunung itu terbakar, Dandim 1323 Soppeng dengan sigap perintahkan Babinsa setempat untuk memantau titik api dari lokasi terdekat meski medan tidak terdapat jalan kecuali tetap menyusuri jalan terjal.

Koordinasi dengan Pemda melalui BPBD dan Damkar pun dilakukan untuk mencegah dampak kebakaran lebih luas.

Terlihat dari jauh, kendati api sudah dipadamkan, namun pihak terkait masih dalam pemantauan. (rilis kodim/amiruddin baringeng)


Tidak ada komentar