Breaking News

Ridwan Daud Dosen Muda Unismuh Makassar Ini, Bagi Pengalaman Lacak Jurnal Scopus Abal-Abal



Lamellong.com, Makassar; -- Dosen muda FKIP Unismuh Makassar ini, Dr. Ridwan Daud Mahande, M.Si membagi pengalaman dalam melacak jurnal  scopus abal-abal.

Pengalaman itu dibagikan  kepada 15 profesor dan 35 dosen senior di jajaran Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi pada acara Pelatihan Applied Approach (AA) LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, di Jl. Bung Tamalanrea Jumat (7/9/2018).

Materi yang disajikan selama pelatihan, yakni media pembelajaran daring serta manajemen referensi dalam publikasi.

Pelatihan itu sekaligus praktek melacak jurnal yang betul –betul terdaftar di scopus dan sejeninsya.

Malah diperlihatkan juga beberapa kampus yang sudah memiliki tenaga dosen dengan artikel yang terpublis di jurnal bereputasi dan terakreditasi serta terekam di Scopus.

"Awalnya saat akan menyajikan materi sempat grogi juga, karena harus berinteraksi di hadapan para Guru Besar dan dosen senior yang sudah punya pengalaman dan jam terbang mengajar yang cukup tinggi," akunya, Sabtu, 8 Seotember 2018.

Tetapi, lanjutnya, pengetahuan dan informasi baru yang terus berkembang pada media dan proses pembelajaran, maka dia percaya diri untuk membagi kepada para Guru Besar dan dosen senior, katanya.

Beberapa pengetahuan baru yang dibagi doktor Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Negeri Jokyakarta 2017 ini, termasuk penggunaan aplikasi zotero dalam penulisan daftar pustaka dan kutipan pada penulisan.

Selain itu, juga membagi pengalaman soal melacak artikel ilmiah dari seluruh dunia yang bisa diunduh secara gratis.

Peserta pelatihan sangat antusias dan merespons pengalaman dan meteri yang diajarkan.

Pelatihan ini dibuka Kepala LLDIKITI IX Sulawesi, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. Narasumber termasuk, Dr. Khaeruddin, M.Pd dengan materi, teori belajar dan keterampilan abad 21 serta desain capaian dan indikator pembelajaran.

Pembelajaran Orang Dewasa oleh Prof Dr.Jasruddin, M.Si. Model pembelajaran inovatif oleh, Prof. Dr. Nurdin Arsyad, M.d.

Tehnik menulis publikasi dalam bentuk jurnal refleksi hasil kegiatan pembelajaran oleh Dr. Widya Karmila Sari, M.Ed.

Ridwan lahir di Bone Pute Luwu Timur, 4 Agustus 1984. Alumni D3 Tehnik Mesin UNM 2007. S1 Pendidikan Tehnik Mesin UNM 2010. S2 Teknologi Informasi dan Komunikasi PPs-UNM 2013.

S3 Pendidikan dan Teknologi dan Kejuruan PPs-Universitas Negeri Jokyakarta 2017 dengan nilai cumlaude. (nirwan)


Tidak ada komentar