Breaking News

Sambut Tahun Baru Hijriyah, Zakir Sabara HW : Auto Kritik Kampus Berlabel Islam



Lamellong.com, Makassar; -- Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Senin malam (10/9/2018) menggelar kegiatan Dialog dan  Doa memperingati awal tahun baru 1440 Hijriah.

Kegiatan dihelat di pelataran FTI UMI di Jl. Urip Sumoharjo KM. 5 Karuwisi Utara Panakkukang Panaikang  Makassar ini  mengusung tema "Dengan Semangat Tahun Baru 1440 Hijriah, Umat Islam Mengharapkan Pemimpin yang Amanah dan Mengayomi."

Dekan FTI UMI Makassar Ir. H. Zakir Sabara HW., ST., MT., IPM., ASEAN Eng.,  dalam sambutannya mengatakan, acara seperti ini di kampus menjadi auto kritik buat civitas akademika.

Dikatakan, "kadang kita mengkritik orang terlalu berlebihan merayakan tahun baru Masehi tapi kita tidak sadar dan sering lupa melakukan sesuatu menyambut tahun baru Islam, katanya.

Kegiatan seperti ini jadi auto kritik untuk seluruh kampus-kampus  berlabel Islam, ucap Zakir Sabara.


Tidak banyak kampus melakukan penyambutan tahun baru Islam, FTI UMI salah satu di antara yang tidak banyak itu, dan wajar kalau belum banyak mahasiswa hadir karena saat ini masih suasana libur, ucapnya. 

Tiap tahun akan diagendakan merayakan acara keagamaan terutama penyambutan tahun baru Islam, untuk melakukan perenungan dan doa awal tahun dan sekaligus melakukan komitmen baru, katanya.

Apalagi di era revolusi industri 4.0, hampir semua pejabat selalu mengatakan dalam pidatonya, tapi mind set, perilaku atau cara berpikirnya tidak berubah.

"Tidak ada langkah radikal yang dilakukan untuk mengantisipasi jaman, sementara bisnis pendidikan terus berkembang bahkan melewati batas yang dikenal selama ini," tuturnya.

Tahun baru hijriah ini  harus komitmen, terkhusus civitas akademika FTI UMI melakukan perubahan radikal terhadap proses pendidikan yang akan dilakukan, tegas  Zakir Sabara.

Titik Awal

Wakil Dekan IV FTI UMI Dr. H. Yusri Muhammad Arsyad, Lc., MA, sebagai penceramah dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan tahun baru Hijriah inilah sebenarnya dilakukan.


Di katakan, sebaiknya untuk seluruh fakultas usahakan buat kegiatan seperti ini, karena titik awal bagaimana Islam itu sampai ke tangan kita, ucapnya.

Tidak benar kata Yusri, ketika merayakan tahun baru Hijriah ini hanya sekadar olahraga, tidak ada nilai atau siraman rohaninya, katanya.   

Peringatan malam tahun baru Hijriah inilah harus dilakukan karena malam ini adalah detik-detik meninggalkan tahun lalu.

"Dan disitu ada doa karena doa sangat penting menentukan nasib kita selanjutnya bahwa yang menciptakan waktu adalah Allah SWT," tegas pria yang menyelesaikan S3 di Tunisia Afrika Utara tersebut.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni; Dekan FTI UMI Makassar, Ir. H. Zakir Sabara HW., ST., MT., IPM., ASEAN Eng., Wakil Dekan 1 Ir. Hj. Setyawati Yani, ST., MT., Ph.D, IPM., ASEAN Eng., Wakil Dekan 2 Ir. Hj. Rahmaniah Malik, S.Si., MT., IPM., ASEAN Eng.

Hadir pula, Wakil Dekan 3 Ir. Hasbi Bakri, ST., MT., IPM, Wakil Dekan 4 Dr. H. Yusri Muhammad Arsyad, Lc., MA serta Ketua dan Sekretaris jurusan, juga dosen dan karyawan serta pengurus lembaga se-FTI UMI. (darsil)


Tidak ada komentar